Sebanyak 167 personel yang terdiri dari 125 personil Polres, 12 personel Brimob dan 31 personil BKO Polres Bangka akan kami tempatkan di lokasi,"
Muntok (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengerahkan sebanyak 167 orang personel pengamanan pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati yang akan dilaksanakan Kamis (17/12) di kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten setempat.

"Sebanyak 167 personel yang terdiri dari 125 personil Polres, 12 personel Brimob dan 31 personil BKO Polres Bangka akan kami tempatkan di lokasi," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Daniel Viktor Tobing melalui Kepala Bagian Operasional kompol chandra Kurnia di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, penempatan seluruh personel di lokasi pelaksanaan rekapitulasi dan akan dilanjutkan dengan rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara Pemilukada Kabupaten Bangka Barat sebagai upaya antisipasi kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas.

"Kami berharap kegiatan berjalan lancar dan tidak ada gangguan keamanan," katanya.

Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi menyebutkan kegiatan rekapitulasi akan mulai dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB di Aula kantor Sekretariat KPU Kabupaten setempat.

"Kami berharap kegiatan berjalan lancar, aman dan kondusif seperti yang sudah ditunjukkan selama ini, mulai dari awal tahapan, kampanye, pemungutan suara hingga penghitungan dan rekapitulasi di tingkat PPK," kata dia.

Menurut dia, proses rekapitulasi di tingkat kabupaten diperkirakan akan selesai dalam sehari karena hanya akan merekap dari masing-masing enam kecamatan.

"Nanti PPK dari seluruh enam kecamatan akan menyampaikan hasil rekapitulasi yang sudah ditetapkan beberapa hari lalu di masing-masing kecamatan," kata dia.

Untuk hasil perolehan suara dari seluruh TPS dan masing-masing kecamatan, kata dia, sebenarnya sudah diketahui masyarakat karena sudah diakses melalui input data C-1 di website resmi KPU dengan alamat www.pilkada2015.kpu.go.id.

Berdasarkan data dari portal tersebut, pasangan Parhan Ali-Markus berhasil mengumpulkan dukungan paling banyak yaitu 29.290 suara atau 35,43 persen, disusul pasangan Sukirman-Safri 29.040 suara atau 35,13 persen dan Zuhri M Syazali-Saiful Fakah 24.331 atau 29,43 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015