Jakarta (ANTARA News) - Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia menghadirkan dua kamera digital saku premium terbaru, yaitu Canon PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X.

Kedua kamera tersebut didesain untuk memberikan kemudahan bagi para pecinta foto yang ingin mengabadikan foto di setiap momen dengan cepat. 

Itu bisa dilihat dari fitur yang tersedia di kedua seri tersebut. Layar LCD sentuh dan gelang control ring di pinggiran lensa berguna untuk memudahkan pengaturan kamera dengan cepat dan efisien terutama saat menggunakan mode TV & AV, seperti pengaturan ISO, bukaan rana, fokus.

“Kedua kamera ini didedikasikan bagi para pecinta foto baik untuk sekadar hobi maupun untuk keperluan profesional. Hadirnya electronic viewfinder (EVF) yang terpasang di PowerShot G5 X menghadirkan sensasi baru memotret melalui kamera digital saku," kata Angelie Ivone, Marketing Manager Image Communications Products Division PT Datascrip, dalam keterangan pers diterima www.antaranews.com, di Jakarta pada Kamis. 

Sementara itu PowerShot G9 X dengan dimensinya yang ringkas memudahkan fotografer untuk memotret kapan saja dan di mana saja”, kata dia. 

Keindahan foto yang dihasilkan kedua kamera saku Canon dari seri G yang legendaris ini tidak perlu diragukan lagi. Kehadiran sensor CMOS berukuran 1 inci dengan resolusi setinggi 20.2 megapiksel, prosesor DIGIC 6, serta ISO hingga 12.800 menjamin hasil foto berkualitas tinggi dengan detail yang menawan di berbagai kondisi pencahayaan.

Bagi Anda yang menggemari foto potret dan close up, Canon melengkapi PowerShot G5 X dengan lensa yang mengusung pembesaran maksimum hingga 4.2x atau setara lensa 24-100mm sementara PowerShot G9 X hadir dengan lensa yang bisa melakukan pembesaran maksimal hingga 3x atau setara lensa 28-84mm.

Kamera Canon PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X bisa dengan mudah Anda gunakan untuk mengambil foto dari jarak dekat atau foto makro hingga sedekat 5cm. Selain itu, 9-bilah diafragma dengan aperture terkecil f/1.8 pada Canon PowerShot G5 X dan f/2.0 pada PowerShot G9 X ini menghasilkan foto dengan efek bokeh yang halus dan memesona.

Visibilitas Optimal melalui EVF
Canon PowerShot G5 X merupakan kamera seri G pertama yang dilengkapi jendela bidik/ EVF (Electronic View Finder) beresolusi setinggi 2,36 juta titik yang setara dengan warna gamut pada monitor komputer (sRGB). 

EVF yang kaya warna semakin memudahkan fotografer untuk memastikan bahwa hasil fotonya akan sama dengan bidikan yang dilihatnya melalui EVF ini. Dengan sudut pandang 22mm, tingkat kejelasan yang tinggi, serta mode tampilan berkecepatan tinggi, EVF pada kamera ini semakin mempermudah penggunanya saat memotret bidikan bergerak.

Sensor secara otomatis akan menonaktifkan layar LCD saat pengguna membidik dari EVF sehingga tidak menyilaukan bidikan pengguna.

Canon PowerShot G5 X menggunakan layar LCD sentuh yang interaktif dan dapat ditekuk, sehingga Anda dapat melakukan foto selfie maupun groupie serta memberikan fleksibilitas mengambil foto dari berbagai sudut untuk menghasilkan foto kreatif dan unik.

Bulb Exposure
Pengguna yang lebih mahir bisa memanfaatkan fitur bulb exposure pada PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X untuk kebutuhan pemotretan dengan exposure panjang (misalnya saat memotret kembang api). Dengan Bulb exposure, rana/shutter kamera tetap terbuka selama tombol shutter ditekan. Ditambah dengan hadirnya Filter Auto ND terbaru memastikan hasil foto memiliki tingkat kecerahan yang tepat.

Kedua kamera ini dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam video  dengan resolusi 1080p full HD (pada 24p dan 60p di format MP4) serta memiliki kemampuan untuk mengedit video. 

“Untuk pertama kalinya pada PowerShot seri G, Canon memberikan opsi kemudahan mengisi ulang daya baterai melalui kabel USB, di samping perangkat charger baterai konvensional. Kegiatan memotret semakin mudah dan praktis melalui PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X”, ujar Merry Harun – Canon Division Director PT Datascrip.

PT Datascrip sebagai distributor tunggal kamera digital Canon di Indonesia, memasarkan Canon PowerShot G5 X seharga Rp8.900.000,- dan Canon PowerShot G9 X seharga Rp5.750.000,-.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015