Jakarta (ANTARA News) - Tiga gol yang dicetak Luis Suarez mengantarkan Barcelona mengalahkan Guangzhou Evergrande 3-0 sekaligus melaju ke final Piala Dunia Antar Klub di Yokohama, Jepang, Kamis petang.

Tiga gol yang dibukukan Suarez menjawab bahwa Barcelona tetap menjadi tim yang tajam kendati tidak diperkuat penyerang Neymar yang cedera paha dan Messi yang absen karena mengalami nyeri perut.

Barcelona akan menghadapi tim juara Amerika Selatan asal Argentina, River Plate, pada laga final yang akan digelar pada akhir Minggu ini.

Pada jalannya laga, Suarez mencetak gol pertama Barcelona memanfaatkan tendangan Ivan Rakitic yang tidak ditangkap sempurna oleh penjaga gawang Guangzhou Li Shuai pada menit 39.

Pemain Guangzhou, Zou Zheng, harus digantikan oleh Xuepeng Li akibat mengalami cedera setelah bertabrakan dengan Dani Alves pada pertengahan babak pertama.

Luis Suarez menambah keunggulan Barcelona menjadi 2-0 setelah mendapatkan umpan dari Andres Iniesta kemudian menahannya dengan dada lalu bola ditendang hingga masuk ke gawang tim asal Tiongkok itu pada menit 50.

Guangzhou yang tertinggal 2-0 justru bermain semakin terbuka untuk mengejar ketertinggalan sehingga Barcelona kerap memanfaatkan peluang melalui serangan balik.

Suarez pun mencetak hattrick dari tendangan penalti setelah penyerang muda Munir El Haddad dilanggar oleh Huang Bowen pada menit 67.

Sandro Ramirez nyaris menambah keunggulan Barcelona pada menit 84 namun sepakannya melenceng ke sisi gawang Guangzhou.

Sebaliknya, tim asuhan Scolari sempat mengancam melalui tendangan bebas Paulinho akibat pelanggaran Rakitic pada menit 85 namun tidak berbuah gol sehingga kedudukan 3-0 kemenangan Barcelona bertahan hingga laga usai, demikian lapor FIFA.

Berikut susunan pemain kedua tim dilansir dari FIFA:

Barcelona (4-3-3): Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Alba (Adriano 76); Busquets, Rakitic, Iniesta (Samper 81); Sergi Roberto (Sandro 72), Munir, Suarez

Guangzhou Evergrande (4-2-3-1): Li Shuai; Zhang Linpeng, Feng Xiaoting, Zou Zheng (Li Xuepeng 35), Kim Young-gwon; Paulinho, Zheng Zhi; Huang Bowen, Goulart, Zheng Long (Yu Hanchao 56); Elkeson (Gao Lin 67)

Wasit: Aguilar [El Salvador]

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015