Manado (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjamin pasokan listrik di Provinsi Sulawesi Utara terpenuhi pada perayaan malam tahun baru.

"Tahun baru nanti listrik di Sulut baru akan aman, alias tidak lagi terjadi pemadaman bergilir," kata Menteri menjawab pertanyaan Penjabat Gubernur Soni Sumarsono pada kunjungan kerja di Kota Bitung, Kamis.

Hal ini dikatakan Menteri pada peresmian pengoperasian terminal baru bahan bakar minyak PT AKR Corporindo Mineral Bitung (Sulut), Palarang (Kaltim), Gabion (Medan), Pontianak (Kalbar) dan Banjarmasin (Kalsel) serta perluasan terminal lama dua provinsi di Kalimanta yang dipusatkan di Kota Bitung.

Menteri meminta maaf kepada seluruh warga Sulut terutama bagi umat Kristiani di daerah ini yang akan merayakan natal pada 25 Desember nanti, karena belum bisa memenuhi keinginan ini.

Kapal Marine Vessel Power Plant (MVPP) Karadeniz Powership Zeynep Sultan, kata Menteri, sedikit mengalami keterlambatan keberangkatan dari Tanjung Priok ke Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan dan akan tiba tanggal 23 Desember 2015.

Tahap selanjutnya, lanjut Menteri adalah proses penyambungan sistem jaringan listrik dari kapal ke darat yang diperkirakan memakan waktu satu pekan.

Dalam dialog antara Menteri ESDM, Penjabat Gubernur dan berharap Sudirman Said dapat membantu mengatasi krisis listrik di provinsi berpenduduk lebih dari 2,4 juta jiwa termasuk ketersediaan bahan bakar minyak di daerah kepulauan.

"Ironi memang. Presiden Jokowi lewat konsep membangun Indonesia dari pinggiran, akan tetapi ketersediaan listrik serta pasokan BBM ke wilayah kepulauan dan perbatasan tidak maksimal. Padahal wilayah perbatasan merupakan beranda terdepan dari NKRI," kata Dirjen Otda Kemendagri RI ini.

Sebelumnya kata Sumarsono, dirinya telah berjanji kepada warga Sulut bahwa perayaan hari natal nanti, tidak akan ada pemadaman listrik karena kapal penyuplai akan tiba di Amurang hari ini.

"Memang ada keterlambatan keberangkatan kapal tersebut karena pengurusan surat-surat di PT Pelindo Jakarta," ujarnya.

Dia berharap, PLN Wilayah Suluttenggo dapat menyiasatinya sehingga Hari Natal nanti tidak terjadi pemadaman listrik sehingga umat kristiani bisa merayakan natal dengan penuh kedamaian.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015