Sadikin Aksa diharap kembali hidupkan reli Asia Fasific

Sadikin Aksa diharap kembali hidupkan reli Asia Fasific

Ilustrasi--reli mobil. (FOTO ANTARA/REUTERS/Toby Melville)

Makassar (ANTARA News) - Pengurus Ikatan Motor Indonesia Sulawesi Selatan berharap Sadikin Aksa yang terpilih memimpin IMI Pusat kembali menghidupkan pelaksanaan Asia Pacific Rally Championship (APRC) di Kabupaten Takalar, Sulsel, pada masa mendatang.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi IMI Sulsel, Adifar di Makassar, Senin, mengatakan kejuaraan ini memang sudah tidak dapat dilaksanakan sejak beberapa tahun karena kondisi sarana dan prasarana yang dinilai tidak lolos penilaian internasional.

"Kejuaraan ini tidak lagi dilaksanakan karena persoalan sarana dan prasarana yang tidak mendukung. Kami tentu berharap kejuaraan internasional ini bisa kembali dihidupkan dengan kepemimpinan Sadikin Aksa," katanya.

Untuk menyiapkan sarana dan prasarana, kata dia, memang sebaiknya bukan hanya menjadi tanggungan Pemprov Sulsel melainkan beberapa daerah yang berada di sekitarnya juga bisa ikut membantu.

Kehadiran ajang APRC ini, kata dia, memang sudah lama dinantikan masyarakat. Kehadiran para perally ternama di kawasan Asia menjadi daya tarik tersendiri untuk menyaksikannya.

"Mudah-mudahan dengan terpilihnya Sadikin Aksa sebagai Ketua Umum PP IMI bisa membuat kejuaraan ini kembali digelar. Kami juga berharap makin banyak kejuaraan bergengsi yang bisa dilaksanakan di Sulsel kedepan," ujarnya.

Pada pelaksanaan APRC 2010, sejumlah pebalap ternama Asia hadir diantaranya Cody Crocker (Australia), Katsuhiko Taguchi (Jepang), Gaurav Gill (India), Emma Gilmour (Selandia Baru), dan Alister Mc Rae yang merupakan pereli asal Inggris.

Sedangkan pereli Indonesia yang bakal turut menjajal lintasan di Takalar itu yakini Rifat Sungkar, Rizal Sungkar, dan Subhan Aksa.

Sadikin Aksa sebelumnya telah terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk periode 2015-2019 secara aklamasi pada Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta, 18 Desember 2015.

Usai terpilih, Sadikin mengaku siap membantu memfasilitasi para pebalap Indonesia yang saat ini berpeluang menembus ajang balap bergengsi dunia seerti Formula 1 dan Moto GP.

Sejauh ini memang ada beberapa pebalap Indonesia yang telah menunjukkan potensinya sekaligus menjaga peluang tampil di dua ajang bergengsi itu yakni Rio Haryanto dan Andi Gilang.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Mobil Listrik Blits targetkan ikuti reli di Argentina

Komentar