Palembang (ANTARA News) - Kodam II/Sriwijaya akan melaksanakan Festival Layang-Layang warna merah putih di lapangan Garuda Palembang dalam waktu dekat ini.

Kepala Penerangan Kodam II/Sriwijaya, Kolonel Arh Syaepul Ginanjar, di Palembang, Selasa, mengatakan, festival tersebut serangkaian memperingati hari ulang tahun ke-70 Kodam II/Sriwijaya.

Selain itu festival tersebut untuk memberikan semangat kepada prajurit dan PNS dan masyarakat sekitar.

Oleh karena itu Festival Layang-Layang itu harus berwarna merah putih, kata dia.

Menurut dia, ini untuk memberikan semangat juang bagi generasi penerus sehingga semakin kompak. Selain itu untuk melestarikan warisan budaya yang sekarang sudah mulai berkurang, kata dia.

Sementara mengenai peserta sendiri ribuan karena panitia tidak membatasi festival tesebut. Memang, kata dia, layang-layang yang ikut festival tersebut ada dua ukuran yakni 50cm kali 50 cm.

Selain itu juga ada yang berukuran besar yakni tiga meter kali tiga meter dan nantinya harus belogo Kodam II/Sriwijaya dan pemerintah Sumatera Selatan.

Menurut dia, rencananya acara itu akan dibuka secara simbolis ditandai dengan menerbangkan layang-layang oleh Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI Purwadi Mukson.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015