Jakarta (ANTARA News) - Armada Metromini S76 jurusan Kampung Rambutan-Blok M dan T53 jurusan Kampung Rambutan-Kampung Melayu di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, hilang dari peredaran. Pengawaknya masih mogok beroperasi.

"Dari pagi sampai sekarang tidak ada bus Metromini yang keluar-masuk terminal. Aksi mogok mereka mungkin masih berlanjut," tutur petugas Dinas Perhubungan DKI Jaya, Deny Wahyudi, di Jakarta, Selasa.

Pada Selasa sekitar pukul 10.00 WIB, Metromini tidak terlihat di Terminal Kampung Rambutan. Armada yang tampak di sana hanya Bus TransJakarta, Mayasari Bakti, Damri, Miniarta, PPD, Agramas, Jaya Mini, Koantas Bima, Koasi, Kopaja, AKAP (antarkota-antarpovinsi), dan mobil angkutan kota.

Mogok ini buntut dari langkah pemerintah DKI Jakarta yang mengandangkan armada Metromini yang tidak laik jalan. Juga karena begitu banyak kecelakaan melibatkan Metromini, bahkan hingga menghilangkan nyawa manusia. 

Jakarta yang sering dikatakan kota metropolitan hingga kini masih belum memiliki sistem angkutan massal yang memadai, terintegrasi, mudah diakses, terjangkau dari sisi biaya, dan handal serta aman. 


Pewarta: Tiyo Bayu Nugroho dan Arnaz Firman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015