Jakarta (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mewaspadai potensi aksi teror yang terjadi di luar negeri berimbas ke Indonesia saat perayaan Maulid Nabi, Natal dan pergantian Tahun Baru 2016.

"Ada penembakan warga sipil di Paris, bom bunuh diri di Bangkok dan ancaman ISIS berdampak terhadap keamanan," kata Badrodin di Jakarta, Rabu.

Badrodin mengingatkan peristiwa aksi teror dari kelompok radikal bersenjata itu agar tidak terjadi di Indonesia karena merusak stabilitas nasional.

Jenderal polisi bintang empat itu menyebutkan beberapa kejadian menonjol terjadi di dalam negeri.

Badrodin mengungkapkan sepanjang 2015 terjadi gangguan dan ketertiban yang menyita perhatian publik seperti ledakan bahan peledak di Mal Alam Sutera Tangerang Banten, konflik sosial di Aceh dan Papua, serta kecelakaan lalu lintas kereta rel listrik dan metromini.

Terkait itu, Badrodin menyatakan Polri akan mengawasi situasi dan potensi gangguan keamanan termasuk memantau tahapan pascapemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak.

Bersamaan hal itu dengan pengamanan peringatan Maulid Nabi, Natal dan Tahun Baru, Polri menggelar Operasi Lilin mulai 24 Desember 2015-2 Januari 2016 dengan mengerahkan pasukan gabungan sebanyak 150 ribu personil termasuk TNI dan pemerintah daerah.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015