Berhubung cuaca membaik maka pelayanan dibuka kembali untuk semua lintasan kapal motor penyeberangan (KMP) Ferry yang selama ini dikelola PT ASDP Cabang Kupang,"
Kupang (ANTARA News) - Manajemen Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kupang membuka kembali layanan pelayaran untuk semua lintasan di Nusa Tenggara Timur setelah cuaca di wilayah perairan itu dinyatakan aman untuk dilayari sarana transportasi laut.

"Berhubung cuaca membaik maka pelayanan dibuka kembali untuk semua lintasan kapal motor penyeberangan (KMP) Ferry yang selama ini dikelola PT ASDP Cabang Kupang," kata General Manajemen PT Fery Indonesia Cabang Kupang, Arnold Jansen saat dihubungi di Kupang, Kamis.

Lintasan-lintasan yang akan dilalui adalah Kupang-Rote PP dilayani KMP Inei Rei II dan KMP Ranaka, namun berangkat jam 07,00 WITA, dan KMP Ile Mandiri berangkat jam 10.00 WITA.

Berikut kata Yansen lintasan Kupang-Kalabahi dilayani KMP Ile Labalekan dan berangkat jam 09.00 pagi dan Kupang-Sabu KMP Ile Ape.

Sementara untuk pelayanan lintasan Kupang - Rote dilayani oleh KMP Ranaka, KMP Umakalada dan KMP Balibo pergi dan pulang.

Berikut Kupang-Hansisi KMP Balibo berangkat jam 09.00 WITA lintasan Sabu - Kupang oleh KMP Ile Ape, Larantuka - Kupang KMP Ile Mandiri dan Kalabahi - Kupang oleh KMP Ile Labalekan dan lintasan Kupang-Aimere - Waingapu KMP Ine rei II.

Sebelumnya PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menutup lima rute (lintasan) pelayaran di wilayah itu karena cuaca buruk.

Kelima rute pelayaran yang ditutup itu adalah Kupang - Larantuka, Kupang - Sabu, Kupang - Kalabahi, Kupang - Aimere, dan Kupang - Lewoleba, kecuali saat ini Kupang-Rote tetap dilayani KMP Inne Rie II dan KMP Ille Labalekan.

Cuaca tak bersahabat itu juga telah diperingatkan BMKG melalui laman resminya untuk diwaspadai, baik layanan transportasi untuk jalur laut, darat dan udara, di wilayah tertentu yang dilanda hujan ringan, angin kencang dan petir dan lainnya.

Pewarta: Hironimus Bifel
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015