Jakarta (ANTARA News) - Radiohead memberikan kejutan Natal pada para penggemarnya dengan menyediakan secara cuma-cuma lagu baru berjudul "Spectre", yang tadinya dibuat untuk film terbaru James Bond, melalui situs Soundcloud.

Band yang belum merilis album sejak 2011 itu, di tengah spekulasi tentang kemungkinan mereka kembali membuat album menyatakan diminta menulis lagu tema untuk Spectre, bagian dari serial tentang agen rahasia James Bond.

Lagu buatan Thom Yorke dan kawan-kawan itu tidak jadi digunakan sebagai lagu tema namun mereka tidak menjelaskan alasannya. Pembuat film itu memilih menggunakan lagu Sam Smith.

"Tidak jadi digunakan, tapi menjadi milik kami yang sangat kami sukai," tulis Radiohead di laman resmi mereka.

"Karena tahun berakhir mungkin kalian ingin dengar. Selamat Natal."

Laman The Guardian menulis pembukaan lagu tersebut sangat khas Radiohead, serangkaian kord minor piano dengan latar suara alat musik gesek dan synthesiser.

Lagu terbaru dari band yang aktif sejak 1985 itu memunculkan spekulasi mengenai sejauh mana band itu sudah bergerak untuk album kesembilan mereka.

Gitaris Jonny Greenwood pertengahan tahun ini mengungkapkan bahwa mereka kembali ke studio namun tidak bercerita banyak mengenai proyek terbaru.

Para personel Radiohead sibuk dengan proyek sampingan mereka, dengan Thom Yorke mengeluarkan album solo kedua Tomorrow's Modern Boxes.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015