Makassar (ANTARA News) - Kota Makassar, Sulawesi Selatan kembali mengagendakan kegiatan Internasional pada 2016 yang dikemas dalam "Pariwisata Fashion Week" menghadirkan sejumlah model domestik dan manca negara.

"Ada sejumlah ide seperti agenda besar Pemerintah Kota, kegiatan besar olahraga ada tiga. Agenda pariwisata misalnya Fashion Week ada satu, dan ada beberapa inisiasi dari berbagai kelompok masyarakat," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin.

Dalam pemaparannya pada dialog akhir tahun bertema "Menata Pariwisata Makassar dan Beyond 2016" di Kampung Popsa Makassar, dirinya merancang even besar tersebut membutuhkan kerja sama semua pihak terkait.

Setelah sukses mengelar Asian Forum Mayors (IMF) di Makassar, kata dia, yang berjalan lancar menghadirkan 141  kepala daerah baik dari dalam dan luar negeri, 200 pengusaha serta 2.000 orang penggembira, tentu ini menjadi pengalaman.

"Saya kira kita mulai dari ide ini saja, kalau kita bicara dalam sistem lebih menyeluruh kita memerlukan waktu yang lama dan terlalu lama diskusinya. Kita sudah pengalaman IMF, dan IMF-lah membuat saya percaya diri, yakin bahwa melibatkan semua pihak dan uang bukan halangan," jelasnya.

Kendati banyaknya persoalan pariwisata yang kompleks, dirinya mengatakan semua bisa diselesaikan dengan menyatukan ide-ide dan berdiskusi kepada semua pemangku kepentingan bukan hanya pemerintah dan swasta.

"Intinya adalah bagaimana kita berbicara pada semua pihak dan bagaimana membuat seluruh ide-ide menjadi kolektif," paparnya.

Sementara itu Direktur Poltek Pariwisata Makassar Komang Mahawira pada kesempatan itu menambahkan saat ini untuk Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan alumni pariwisata sekitar 184 orang dicetak 2.915 sedangkan ada 682 lowongan kerja yang membutuhkan tenaga kerja.

"Sejauh ini SDM pariwisata kita memang masih jauh yang dibutuhkan. Tentu saja ini peluang besar yang harus dimanfaatkan orang-orang bila ingin membuka sekolah pelatihan kepariwisataan menyambut sejumlah agenda besar Pemkot," tambahnya.

Pada kesempatan itu hadir pula sebagai pembicara Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel Anggiat Sinaga memaparkan terkait dengan kesiapan atas kesediaan kamar ketika menghadapi even besar.

Selanjutnya perwakilan Polrestabes Makassar AKBP Djamaluddin selaku Kasat Binmas berbicara tentang kemanan dan ketertiban serta unsur pers Upi Asmaradana dipandu moderator Farid Said.

Pewarta: Darwin Fatir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015