Jakarta (ANTARA News) - Kepercayaan masyarakat ditambah pengembangan teknologi dan penguatan mitra strategis menjadi modal penting keberlangsungan sebuah perusahaan e-commerce, jasa biro perjalanan dalam jaringan (travel online), salah satunya. 

"Kepercayaan masyarakat terhadap jasa travel online dengan dukungan pengembangan teknologi dan penguatan mitra strategis menjadi kunci penting performa positif Tiket.com," ujar Kepala Humas dan Mitra Pendiri Tiket.com, Gaery Undarsa, di Jakarta, Selasa. 

Peningkatan kepercayaan ini, menurut dia, antara lain ditunjukkan melalui bertambahnya pengguna jasa dari tahun lalu. Data pada 2015 memperlihatkan, pengguna layanan Tiket.com, meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. 

Menurut dia, 60 persen pengguna jasa biro perjalanan miliknya saat ini adalah pengguna baru, sementara sisanya pengguna lama. Dari sisi pemesanan hotel, ada pertumbuhan sebanyak 200-300 persen dari 2014. 

Lalu, untuk pemesanan tiket penerbangan, lanjut Undarsa, meningkat lebih dari 150 persen dibandingkan tahun lalu. Selain kepercayaan, perusahaan e-commerce juga perlu mengedepankan pelayanan dan loyalitas pada pelanggan. 

"Ada customer service untuk membantu merespon jika terjadi masalah. Lalu, peningkatan loyalitas pada pelanggan," kata dia. Dia mengatakan, konsep all-in one atau penyediaan berbagai macam layanan dalam satu website juga turut mendukung peningkatan jumlah pelanggan. 

"Kita main dari sisi kemudahan pelanggan. Dalam satu tempat, orang bisa memilih berbagai macam, mulai dari tiket pesawat, hotel, kereta api, tiket konser musik," kata Undarsa. 

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015