Merauke (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan penanaman Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085 di Lapangan Hasanap Sai Kabupaten Merauke Papua, Rabu.

Sebelum kedatangan Presiden Jokowi, masyarakat Papua bersiap menyambutnya termasuk sejumlah warga yang membawakan tarian adat setempat.

Kapsul Waktu Impian Indonesia merupakan wadah sejarah berbentuk kapsul tempat menyimpan dokumen tulisan impian masyarakat dari setiap provinsi di Indonesia, yang diletakkan tahun 2015 dan dibuka tahun 2085.

Sebelumnya, Koordinator Pelaksana Kegiatan Nick Nurachman menjelaskan setelah mengelilingi 34 provinsi sejak 22 September 2015, sejauh 24.089 km, Ekspedisi Kapsul Waktu telah berhasil membawa Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085, dari ujung barat ke ujung timur Indonesia.

Kapsul Impian ini akan diletakkan secara permanen di Monumen Kapsul Waktu Impian Indonesia 2015-2085, Merauke, Papua pada Rabu ini oleh Presiden.

Presiden juga akan menuliskan impian dan harapannya, yang akan bersama-sama disimpan dalam monumen tersebut.

Merauke, dipilih menjadi lokasi tempat peletakan kapsul waktu sebagai ujung pengikat persatuan bangsa, sementara ujung satunya adalah Sabang, Aceh tempat dimulainya perjalanan kapsul waktu.

Pada awal tahun 2015, Presiden Jokowi meluncurkan Gerakan Nasional Ayo Kerja dari titik paling barat Indonesia di Kilometer Nol, Kota Sabang, Aceh untuk menekankan pentingnya kerja keras secara total sebagai optimalisasi potensi bangsa.

Anak muda kreatif Indonesia menyambut gerakan ini dengan menyelenggarakan Ekspedisi Kapsul Waktu, yang merupakan gagasan unik pertama sepanjang sejarah Indonesia untuk mengumpulkan impian masyarakat dari setiap provinsi di Indonesia. Impian tersebut merupakan langkah awal sebagai motivasi untuk bekerja.

Kapsul Waktu Impian Indonesia, juga merupakan bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja dalam rangka 70 Tahun Indonesia Merdeka.

Menurut salah satu penggagas Ekspedisi Kapsul Waktu, Abdee Negara, impian adalah elemen penting dalam kehidupan kita.

"Agar bisa bekerja dengan semangat tinggi, kita harus memiliki impian yang dikejar. Ekspedisi ini memiliki misi mengumpulkan dan merajut impian seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan menyatukannya sehingga kita memiliki impian bersama yang menjadi penyemangat generasi muda Indonesia untuk bekerja berjuang mengejar impiannya yaitu Impian Indonesia," katanya.

Menurut Jay Wijayanto yang juga koordinator kegiatan itu, Presiden Jokowi telah menerima dan mencermati 238 butir impian masyarakat dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kapsul Waktu Impian Indonesia ini diharapkan juga menginsipirasi setiap individu dan keluarga Indonesia untuk menggantungkan cita-citanya setinggi langit demi kesejahteraan rakyat dan kejayaan bangsa.

Secara keseluruhan, ekspedisi ini melibatkan panitia nasional, panitia daerah, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, pemuda pelajar dan pemerintah di semua provinsi.

Perjalanan selama 90 hari ini mendapat sambutan yang luar biasa di setiap provinsi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk turut menitipkan impiannya yang akan dibuka pada tahun 2085.

Nick Nurrachman menjelaskan kegiatan itu merupakan gerakan swadaya dan sukarela dari berbagai elemen masyarakat berbasis gotong royong nasional.

Kapsul Waktu Impian Indonesia diletakkan di "Monumen Kapsul Waktu: Impian Indonesia" yang dimahkotai "Benih Impian Indonesia", sebuah wadah berbentuk benih tempat kapsul-kapsul waktu berisi impian dan harapan dari seluruh Indonesia disimpan.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015