Berlin (ANTARA News) - Raksasa ritel daring Amerika Serikat, Amazon, berencana memproduksi 16 film dalam setahun, melontarkan tantangan ke Netflix yang drama perang "Beasts of No Nation" buatannya mungkin melaju ke Oscar pada Februari mendatang.

"Kami ingin memenangi Oscar," kata bos Amazon Jeff Bezos kepada harian Jerman, Die Welt.

Dengan layanan berlangganan premiumnya, Amazon telah banyak berinvestasi untuk meningkatkan konten video, dan seperti Netflix, Amazon telah memproduksi sendiri serial televisi dan kini sinema.

Amazon telah meraih lima penghargaan Emmy untuk serial komedi televisi "Transparent" tahun ini.

Film-film panjang buatan mereka akan tayang di bioskop dan segera tersedia di layanan daring Amazon.

Sementara itu, Netflix menargetkan meluncurkan 10 film panjang dan menggandakan produksi serial televisinya menjadi 31 tahun depan.

Bezos mengatakan dia sedang menunggu lampu hijau untuk mendapat hak siar ulang kejuaraan sepak bola dunia seperti Liga Utama Inggris dan Bundesliga Jerman.

Bos Amazon itu juga mengatakan dia sedang menunggu lampu hijau untuk menjalankan rencana layanan pengantaran barang ritel pada pelanggan "Prime Air".

"Teknologinya sudah dikembangkan," kata dia, menambahkan bahwa Inggris atau Jerman mungkin lebih dulu memberikan izin penggunaan metode pengiriman itu sebelum Amerika Serikat.

Amazon, yang dibentuk tahun 1994, telah menjual buku-buku lewat Internet sejak 1995 dan kemudian berkembang pesat serta memperluas usaha ke barang-barang dan layanan lain, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015