Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi di beberapa wilayah utara dan dan selatan Jabodetabek,"
Jakarta (ANTARA News) - Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi diperkirakan cerah berawan menjelang malam tahun baru 31 Desember 2016, menurut prakiraan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika.

"Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi di beberapa wilayah utara dan dan selatan Jabodetabek," kata Kepala Pusat Meterologi Publik BMKG Mulyono R Prabowo melalui rilis, Rabu.

Kondisi cuaca di beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan cerah berawan.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di sebagian wilayah Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Masyarakat yang hendak berlibur di tempat wisata laut diimbau waspada potensi terjadi gelombang laut yang tinggi.

BMKG memprakirakan awal tahun 2016 beberapa wilayah perairan seperti Pulau Sabang, Mentawai, pesisir selatan Jawa, Nusa Tenggara Barat, Arafuru dan Natuna memiliki gelombang laut hingga 2,5 meter.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada cuaca ekstrim pada bulan Januari karena sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki puncak musim hujan.

Curah hujan di bulan itu diperkirakan meningkat sehingga masyarakat yang tinggal di daerah berpotensi banjir dan longsor perlu meningkatkan kewaspadaan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015