Medan (ANTARA News) - Komite Olahraga Indonesia (KOI) menggelar road show di enam kota besar tanah air dalam upaya lebih mensosialisasikan pelaksanaan Asian Games XVIII yang digelar di Jakarta dan Palembang tahun 2018.

"Kali ini road show digelar di Surabaya, Makasar Banten, Balikpapan, Palembang dan Kota Medan. Ini adalah sosialiasi Asian Games dalam rangkaian kegiatan launching logo Asian Games. Keenam kota ini sudah ditentukan untuk sosialisasi Asian Games 2018," kata Komite Eksekutif KOI, Raja Parlindungan Pane di Medan, Rabu.

Ia mengatakan alasan terpilihnya Medan sebagai salah satu kota sosialisasi Asian Games itu, mengingat prestasi olahraga Medan atau Sumut dikancah internasional tak bisa dikesampingkan.

Ajang yang sama, Asian Games 2014, pewushu Sumut, Juwita Niza Wazni dan Linsdwell Kwok turut andil memberikan sumbangsihnya kepada Indonesia.

Niza raih medali emas dan Lindswell sumbang perak.

"Kenapa Medan ditunjuk sebagai salah satu. Karena kita merebut emas dari atlet Medan cabor wushu. Jadi, memang Medan tidak bisa dikesampingkan dengan prestasi atlet-atletnya," katanya.

Menurut dia, dengan sosialisasi itu diharapkan masyarakat turut serta mensukseskan ajang multievent olahraga itu.

Segala persiapana mulai dari tahapan sosialisasi ini akan dinilai oleh International Olympic Committee melihat kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah.

"Perjuangan untuk menjadi tuan tumah ini tidak mudah. Belum tentu 50 tahun lagi kita bisa menjadi tuan rumah dengan bersaing negara lainnya yang siap menjadi tuan rumah," katanya.

Sementara Ketua Harian KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, terpilihnya Medan bersama lima kota lainnya sebagai kota pertama sosialisasi Asian Games ini sebuah perghargaan yang besar.

"Tak mudah untuk bagian dari ajang olahraga internasional ini. Ini sebuah penghargaan yang berasal dari prestasi atlet Medan dan Sumut yang memberikan sumbangsihnya di Asian Games 17 lalu. Jadi, saya rasa wajar launching dimulai dari Medan," katanya.

Ia pun mengakui, sosialisasi tersebut merupakan bagian dari tugas dan tanggungjawab pihaknya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Asian Games.

Sebab, kesuksesan Asian Games bukan hanya terpatri pada lancar dan suksesnya acara, tanpa dukungan aktif masyarakat.

"Bagian tugas kami juga sosialisasi Asian Games kepada masyarakat. Mari kita jadikan mulai hari ini demam Asian Games," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015