Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News)- Menjelang malam pergatian tahun, Kodim 0608 Cianjur, menyita ratusan terompet berkertas sampul Alquran dari pembuat terompet di Kecamatan Cikalong Kulon, sebelum sempat dijual dan juga kertas sampul yang belum digunakan.

Dandim 0608 Cianjur Letkol Arm Imam Haryadi mengatakan, terungkapnya kasus ini setelah dilapori beberapa warga.

"Setelah kami telusuri, ada beberapa pembuat terompet di Kecamatan Cikalong Kulon yang akan mengunakan kertas sampul Alquran. Mereka mengaku mendapatkan kertas tersebut dari sentral percetakan di Jalan Pagarsih, Bandung," kata Imam.

Kodim langsung menyita kertas yang hendak digunakan membuat terompet yang selanjutnya akan dijual pada pedagang di pinggir jalan.

"Untuk menghindari hal tidak diinginkan dengan digunakannya sampul Alquran untuk terompet, kami menyisir sejumlah pembuat dan pedagang di seluruh pelosok Cianjur, mulai dari kota hingga kecamatan," kata dia.

"Memang sebelumnya kita mendapat informasi dari luar di mana beredar terompet berbahan sampul Alquran. Setelah ditelusuri kami menemukan ribuan bahan dan terompet yang sudah jadi dan langsung kami amankan," kata Imam.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015