Dengan tampilan yang ada saja sebetulnya sudah bisa dipublikasikan."
Jakarta (ANTARA News) - "Drawa", yang terinspirasi burung Cendrawasih dari Papua, menjadi maskot Asian Games 2018 layak dipublikasikan dan tidak membutuhkan revisi besar-besaran, kata praktisi periklanan, Prakasaputra.

"Dengan tampilan yang ada saja sebetulnya sudah bisa dipublikasikan. Revisi tidak perlu besar-besaran," kata praktisi dari Satucitra Advertising itu di Jakarta, Sabtu.

Putra menambahkan, pada dasarnya peran maskot tidak terlalu penting dalam sebuah perhelatan karena masih ada banyak elemen lain yang dapat dimaksimalkan untuk menyukseskan publikasi sebuah acara.

Dengan desain "Drawa" yang diluncurkan Wakil Presiden M, Jusuf Kalla pada Minggu, 27 Desember 2015, menurut dia, strategi publikasinya bisa tetap dilakukan dengan menjaga konsistensi desain media publikasi lainnya dari acara Asian Games 2018.

Ia mencontohkan, warna kuning dan hijau "Drawa" juga diseragamkan dengan poster, banner, kartu identitas peserta dan media publikasi lainnya.

Terkait kritik yang disampaikan sebagian masyarakat terhadap desain "Drawa", Putra menyampaikan bahwa mereka adalah kelompok yang melek visual, sedangkan ada sebagian besar masyarakat lainnya kemungkinan belum melek visual.

"Sebetulnya langkah untuk merevisi Drawa ini terlalu reaktif, karena bila dilihat sebetulnya yang mendesain ini jago gambar dan pasti sudah memberikan banyak alternatif desain. Hanya pada akhirnya, memang klien yang menentukan keputusan," demikian Prakarsaputra.

Menanggapi berbagai kritikan atas "Drawa" si maskot Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang itu, pihak Kemenpora pun menyatakan akan membahas perbaikan yang dipimpin Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) didukung Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

"Untuk teknis dan kriteria revisi pembuatan maskot baru itu akan dirapatkan bersama Bekraf dan KOI pada awal pekan depan," kata Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan sekaligus Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, saat dihubungi ANTARA News, Sabtu. (baca: Kemenpora-KOI-Bekraf bahas revisi maskot Asian Games 2018)

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016