Jakarta (ANTARA News) - Beraktivitas di udara yang dingin dan kering seperti saat ini tak jarang membuat kulit kita ikut menjadi kering, bahkan seperti bersisik apalagi jika menggunakan pakaian yang tertutup.

"Kulit di bagian lengan dan kaki hampir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga lebih mudah kering. Oleh karena itu dibutuhkan perlindungan dan perawatan ekstra di kondisi seperti ini untuk menjaga kelembaban dan rasa nyaman pada kulit," ujar Group Product Manager Marina, Elfia Rahmi dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Ia pun berbagai tips untuk menjaga kelembaban dan rasa nyaman pada kulit:
  1. Hindari mandi menggunakan air hangat terlalu sering Mandi menggunakan air panas dapat menghilangkan kelembaban kulit secara instan. Sebaiknya, gunakan air yang suhunya setara dengan temperatur ruangan agar kelembaban kulit terjaga dalam waktu yang lebih lama.
  2. Konsumsi air putih, buah dan sayuran yang cukup Kandungan air dalam tubuh manusia adalah 2/3 dari berat tubuh, sehingga tubuh kita membutuhkan air yang cukup agar metabolisme tubuh terjaga baik. Oleh karena itu, diperlukan asupan air putih mnimal 2 liter atau setara 8 gelas per hari. Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan B12  seperti sayuran hijau, kacang-kacangan dan lain-lain untuk menjaga kesehatan kulit.
  3. Mengoleskan body lotion sesudah mandi, untuk mengembalikan kelembaban dengan cepat sesuai kebutuhan kulit.

Beberapa orang mungkin merasa enggan menggunakan body lotion di  sela aktivitasnya, karena efek lengket yang dapat ditimbulkan, namun saat ini terdapat jenis lotion yang cepat meresap dan tidak lengket.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016