Karawang, Jawa Barat (ANTARA News) - Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Karawang menyiapkan lahan sekitar 1.000 hektare di sejumlah daerah untuk pembangunan taman hutan raya.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Karawang Setya Dharma pada Rabu mengatakan lahan untuk pembangunan taman hutan raya tersebut ada di Kecamatan Pangkalan, Ciampel, Telukjambe Barat dan Kecamatan Tirtajaya.

"Pertengahan tahun ini kita sudah menentukan lokasi yang akan dibangun taman hutan raya," kata Setya.

Pemerintah Kabupaten Karawang, menurut dia, menggandeng Perum Perhutani dan kalangan swasta untuk mendukung pembangunan taman hutan raya yang ditargetkan selesai tahun 2017 itu.

"Kita tidak bisa membangun taman hutan raya sendirian. Jadi perlu kerja sama pihak luar. Sejauh ini kita sudah berkomunikasi dengan Perhutani dan sejumlah kalangan swasta," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan taman hutan raya antara lain ditujukan untuk melestarikan sumber daya air dan mengimbangi emisi karbon dari sektor industri dan pertanian. Taman hutan raya, menurut dia, selanjutnya juga bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata.


Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016