Jakarta (ANTARA News) - Sebagian perempuan mungkin merasa lebih cantik dan percaya diri saat mengenakan sepatu bertumit tinggi. Tak sedikit yang bahkan rela menahan rasa sakit kala mengenakannya, "beauty is pain", benarkah?

Namun, sebelum memutuskan memakai jenis sepatu yang telah populer sejak jaman Mesir Kuno itu tak ada salahnya mengingat empat hal di bawah ini:

1. Pilihlah sepatu bertumit tinggi yang benar-benar pas di kaki

Kesalahan yang paling banyak dilakukan para perempuan saat membeli sepatu ialah pemikiran kalau sepatu yang dibeli pasti cocok dengan kaki. Tak sedikit perempuan yang terlanjur jatuh cinta pada satu sepatu, namun saat dicoba sepatu itu terlalu longgar atau sempit di kaki.
Ada pemikiran kalau sepatu yang sempit lama-lama akan melonggar bila sering dipakai. Ingatlah, hal ini tak benar-benar terjadi.

2. Usahakan beli sepatu di malam hari

Ini mungkin terasa aneh, tetapi ada alasannya. Saat malam, kaki cenderung membengkak. Inilah peluang kita mendapatkan sepatu yang benar-benar pas di kaki.

3. Cobalah berjalan sejenak sembari kenakan sepatu baru


Setelah membeli sepatu yang kita sukai, jangan lupa mencobanya sejenak, berkeliling di rumah misalnya.  Cara ini akan memberikan kesempatan pada tumit dan kaki menyesuaikan diri dengan sepatu baru.
Selain itu, bisa mengurangi risiko kaki lecet saat mengenakan sepatu baru di suatu acara.  

4.  Jangan terlalu lama gunakan sepatu bertumit tinggi

Memakai sepatu bertumit tinggi terlalu lama tidak dianjurkan. Memang, sepatu bertumit tinggi akan membuat kita terlihat cantik, namun terlalu lama mengenakannya justru tak bagus. Kaki juga membutuhkan istirahat.

Setelah pesta usai, gantilah sepatu bertumit tinggi dengan sepatu lain yang lebih nyaman, demikian seperti dilansir Times of India.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016