Jakarta (ANTARA News) - Radiohead akan meluncurkan album baru mereka dalam waktu dekat, jelang pembukaan perusahaan yang mereka dirikan.

Para penggemar yang jeli baru-baru ini berhasil mengetahui Thom Yorke dan rekan-rekannya membangun perusahaan baru yang disebut Dawn Chorus LLP pada Oktober 2015, yang kelihatannya seperti perusahaan konglomerasi yang menelurkan LP mereka.

Grup band tersebut juga telah membentuk perusahaan yang disusul peluncuran dua album terakhir  mereka. Pada Juli 2007, mereka mendirikan Xurbia Xendless Ltd sebelum meluncurkan In Rainbows pada Oktober 2007, sementara pada 2010 Radiohead membentuk Ticker Tape Ltd sebelum rilisnya album The King of Limbs, pada Februari.

Consequence Of Sound mencatat bahwa Dawn Chorus pernah disebut Thom pada sebuah wawancara di tahun 2009 sebagai sebuah lagu yang sedang mereka kerjakan. Dawn Chorus kebetulan juga judul dari lagu grup band Boards Of Canada pada 2002.

Meski demikian, perwakilan Radiohead enggan berkomentar pada NME saat dikonfirmasi. Baru-baru ini, Radiohead mengungkapkan jika mereka diminta menulis lagu tema untuk film James Bond: Spectre (2015), tapi kemudian, mereka merilis track tersebut secara gratis karena tidak dipakai.

Hingga saat ini belum terkonfirmasi apakah lagu Spectre akan masuk ke dalam daftar album ke-9 Radiohead. Sebelumnya, gitaris Radiohead, Jonny Greenwood, mengkonfirmasi jika: "banyak yang sudah direkam" untuk album baru dan Radiohead berharap akan melakukan tur tahun 2016 ini.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016