Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Indonesia dari tim Jagonya Ayam with Eurasia, Sean Gelael, meraih start terdepan pada balapan Asian Le Mans Series di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, yang digelar Minggu sore.

"Saya senang karena akhirnya kembali start di posisi terdepan sejak terakhir kali tahun 2012. Semoga saya dan rekan setim saya, Antonio Giovinazzi, bisa menjaga momentum ini saat balapan nanti," kata Sean dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sean tengah dalam performa terbaiknya yang ditunjukkan saat sesi latihan pertama pada Sabtu (9/1) pagi dengan mengukir waktu tercepat 1 menit 27,156 detik. Dalam sesi kualifikasi terakhir, ia menorehkan waktu tercepat 1 menit 26,869 detik

Dengan menggunakan ban baru, pebalap berusia 19 tahun itu pun sukses mempertajam waktunya di sesi kualifikasi.

Hasil gemilang selama sesi latihan hingga kualifikasi membuat duet Sean-Antonio optimistis membidik gelar juara di Buriram.

Namun, pebalap yang berkawan sejak remaja itu mesti mewaspadai antrean pada saat balapan akibat banyaknya jumlah peserta.

Asian Le Mans Series melombakan tiga kelas sekaligus, yakni Le Mans Prototype (LMP) 2, LMP 3, dan GT.

Sebanyak 17 peserta bakal beradu cepat di lintasan sepanjang 4,554 kilometer. Banyaknya mobil di lintasan akan menjadi tantangan tersendiri bagi Sean dan Anto.

"Kami harus membalap dengan cerdik dan memilih strategi yang tepat supaya terhindar dari antrean. Itu bisa menghambat dan membuat kami kehilangan banyak waktu," kata putra dari mantan pebalap nasional, Ricardo Gelael itu.

Pada balapan ketahanan selama tiga jam tersebut, Sean yang berpasangan dengan Antonio akan tampil sebagai pebalap pertama.

Sementara itu, pada 2012, Sean meraih start terdepan saat membela tim Eurasia di ajang Formula Pilota Asia.

Pewarta: Bernardy Ferdiansyah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016