Jakarta (ANTARA News) - Aktor peraih Oscar Denzel Washington bergabung dengan kelas orang-orang seperti Steven Spielberg, Martin Scorsese dan Robert De Niro saat dianugerahi Lifetime Achievement Golden Globe.

Washington adalah aktor kulit hitam ketiga yang mendapat penghargaan itu dalam sejarah 60 tahun Golden Globe.

Washington (61) mendapatkan Cecil B. DeMille Award dalam acara Golden Globes sebagai penghargaan atas pekerjaannya di depan dan belakang kamera.

Washington menerima penghargaan itu dengan diapit strinya, Pauletta, dan ketiga anaknya. Namun, dia mengatakan tidak bisa membacakan pidato yang telah disiapkan karena lupa membawa kacamata.

"Yeah, saya butuh kacamata," kata dia sembari tertawa dan memegang kertas pidato di tangannya.

Dalam pidato singkatnya, Washington berterimakasih kepada Hollywood Foreign Press Association, organisasi yang memberikannya Golden Globes, "untuk mendukung saya selama bertahun-tahun. Mereka selalu membuat saya merasa sebagai teman atau bagian dari pesta."

Peran Washington dalam film bervariasi, mulai dari aktivis kulit hitam Malcolm X, pilot pemabuk namun heroik dalam "Flight" dan detektif penipu dalam "Training Day" yang membuatnya mendapat Oscar kedua pada 2002.

Dia juga menyutradarai dan membintangi film produksi 2007, "The Great Debaters", tentang profesor yang membimbing tim debat dari universitas AS hingga meraih kemenangan nasional, serta memproduksi dan membintangi drama "Antwone Fisher".

Dikenal dengan kemampuannya memainkan karakter kuat dan sensitif, Washington telah tujuh kali menjadi nomine Golden Globe dan membawa pulang dua penghargaan itu.

Washington diperkenalkan oleh Tom Hanks, lawan mainnya dalam "Philadelphia", dengan kalimat, "sebuah nama dapat mendefinisikan seniman yang merupakan rekan dan setara dengan legenda hebat lain di tempat kami. Bila Washington tidak cukup mengingatkan, biarkan nama pertamanya membawa beban itu, dan nama itu adalah Denzel".

Washington adalah putra dari pengkhotbah Pantekosta yang masuk kuliah untuk berharap meneruskan karir sebagai jurnalis sebelum beralih ke dunia akting. Dia adalah seorang penganut Kristen yang taat yang menjadi juru bicara nasional untuk Boys & Girls Club of America sejak 1993.

Washington adalah aktor kulit hitam ketiga setelah Sidney Poitier dan Morgan Freeman yang menerima Cecil B. De Mille award.

Tahun lalu penerimanya adalah George Clooney. Para penerima penghargaan lain sejak 1952 meliputi Barbra Streisand, Woody Allen, Frank Sinatra and Robin Williams, demikian Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016