Beverly Hills, California (ANTARA News) - Film drama balas dendam "The Revenant" dan film petualangan ruang angkasa "The Martian" merajai Golden Globes yang disebut-sebut sebagai ajang pesaing utama perhelatan Oscar.

Film berkisah era perintis Amerika, "The Revenant", menyabet tiga anugerah, termasuk film drama terbaik dengan menyisihkan film romansa lesbian "Carol" dan drama jurnalisme investigatif "Spotlight."

Bintang "Revenant" Leonardo DiCaprio memenangi anugerah aktor drama terbaik, sedangkan Alejandro Inarritu didaulat sebagai sutradara terbaik.

"Ini adalah perjalanan paling sulit yang mesti saya awali," kata Inarritu yang tahun lalu memenangi Oscar untuk penyutradaraan dan film terbaik lewat "Birdman."

Sementara itu DiCaprio mengalahkan pemeran utama "The Danish Girl" Eddie Redmayne dan bintang "Concussion" Will Smith untuk menjadi pemeran utama pria terbaik atas perannya sebagai penyiang bulu binatang yang menuntut balas.

DiCaprio (41) yang belum pernah menyabet Oscar mendapatkan standing ovation dan menyatakan membaktikan anugerah ini untuk suku-suku asli di seluruh dunia.

"Saatnya kini kami mendengarkan suara kalian dan melindungi planet ini untuk generasi mendatang," kata aktor yang juga pegiat lingkungan ini.

Matt Damon memenangi anugerah pada kategori komedi terbaik lewat "The Martian" yang mengisahkan seorang astronot yang terdampar di Mars. Film ini juga memenangi kategori film komedi/musikal terbaik.

"Saya membintangi banyak film yang orang tidak ingin menontonnya, untuk itu membuat film yang dinikmati begitu banyak orang...sungguh berkat (sutradara) Ridley Scott," kata Damon.

"Carol" mendapat lima nominasi namun tak satu pun anugerah bisa disabet film ini, begitu pula "The Big Short" yang mengisahkan krisis keuangan, dan film jurnalistik mengenai pelecehan seksual di Gereja Katolik, "Spotlight."

Bintang baru yang lagi menanjak Brie Larson (26) mengalahkan seniornya Cate Blanchett untuk menyabet penghargaan pemeran utama wanita terbaik atas perannya sebagai wanita muda yang disekap selama bertahun-tahun bersama anaknya dalam "Room," sedangkan Lawrence meraih penghargaan untuk kategori komedi terbaik lewat "Joy" yang mengisahkan penemu Miracle Mop.

Lawrence (25) mendedikasikan anugerah ini kepada sutradara "Joy" David O. Russell yang juga mengarahkan beberapa film yang dibintanginya. "David, saya ingin kita berdua dikuburkan berdampingan. Sungguh saya mau."

Para pemenang lainnya adalah Sylvester Stallone (69) yang menerima standing ovation besar sebagai pemeran pembantu pria terbaik untuk peran ikoniknya sebagai petinju Rocky Balboa dalam "Creed."

"Steve Jobs", film kontroversial mengenai mendiang pendiri Apple yang mencatat box office kendati diresensi biasa-biasa saja, menyabet pula Golden Globes lewat Kate Winslet sebagai pemeran pembantu wanita terbaik, dan penulis skenario terbaik lewat Aaron Sorkin.

Pada kategori televisi, "Mr. Robot" yang mengisahkan pakar keamanan siber memenangi serial drama televisi terbaik, sedangkan film musikal "Mozart in the Jungle" memenangi serial komedi TV terbaik, demikian Reueters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016