Jakarta (ANTARA News) - Tak lama setelah meraih memenangi Golden Globe, sineas Meksiko Alejandro Inarritu yang menyutradarai "The Revenant" dan sutradara veteran Inggris Ridley Scott menjadi dua dari beberapa sutradara yang dinominasikan untuk penghargaan Directors Guild of America (DGA), salah satu indikator terkuat meraih sukses dalam Oscar. 

Inarritu, pemenang Oscar tahun lalu untuk menyutradarai "Birdman", dinominasikan tahun ini untuk film "The Revenant" yang mengambil latar belakang kondisi dingin membeku dengan pemandangan primitif. 

Scott (78) yang belum pernah memenangi Oscar sepanjang enam dekade karirnya, dinominasikan lewat film petualangan luar angkasa "The Martian", mengenai astronot yang terdampar di Mars.

Inarritu dinobatkan sebagai sutradara drama terbaik pada Golden Globe, Minggu, sementara Scott memenangi penghargaan sutradara komedi/musikal terbaik. 

Nominasi DGA juga jatuh pada sutradara Tom McCarthy melalui "Spotlight",  Adam McKay untuk film komedi "The Big Short" dan sutradara Australia George Miller lewat film "Mad Max: Fury Road".

Nominasi DGA dipilih oleh sekelompok sutradara Hollywood yang banyak di antaranya juga juri Oscar, dan diumumkan sebelum nominasi Academy Award.

Sejak 1948, hanya tujuh pemenang DGA yang gagal meraih penghargaan sutradara terbaik Oscar, demikian Reuters.



Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016