Komite darurat FIFA memutuskan pada 9 Januari 2016 memecat Jerome Valcke dari posisinya ..."
Zurich (ANTARA News) - Federasi Internasional Asosiasi Sepakbola (FIFA) memecat Jerome Valcke, warga Prancis yang menjadi Sekretaris Jenderal FIFA sejak 27 June 2007, usai diperiksa untuk kesalahannya terkait suap dan penyalahgunaan wewenang.

"Komite darurat FIFA memutuskan pada 9 Januari 2016 memecat Jerome Valcke dari posisinya sebagai Sekretaris Jenderal FIFA dengan dampak yang berlaku secepatnya," demikian pernyataan resmi FIFA, Rabu, layaknya dilansir kantopr berita AFP.

Sosok nomor dua di bawah Presiden FIFA, Sepp Blatter, yang diskors selama delapan tahun dari dunia sepakbola, diskors pada 17 September atas berbagai tudingan membantu penjualan tiket Piala Dunia 2014 ke pasar gelap.

Valcke mengawali karir profesional sebagai seorang wartawan stasiun TV Prancis Canal + hingga menjadi CEO Sport + pada 1997.

Pada tahun 2003 ia pindah ke FIFA sebagai Direktur Pemasaran di TV, dalam koordinasi Presidens FIFA, Sepp Blatter.

Valcke dibebastugaskan 12 Desember 2006 karena perannya dalam negosiasi kontrak sponsor FIFA dengan perusahaan kartu kredit Visa dan Mastercard yang saling bersaing mendukung iklan sepakbola dunia.

Pada 2007 ia kembali ke FIFA menjadi Sekretaris Jenderal mendampingi Blatter. Namun, ia dibebaskan dari tugasnya pada 17 September 2015, dan dilarang terlibat dari semua kegiatan sepak bola pada 8 Oktober 2015 untuk jangka waktu 90 hari.

Hukuman Valcke sempat diperpanjang lagi menjadi 45 hari, hingga  FIFA memecatnya.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016