Kita lihat dulu lokasinya kalau mengganggu masyarakat tidak dipilih tempat itu
Jakarta (ANTARA News) - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian menyatakan rencana melegalkan balapan liar atau balapan di jalanan akan memilih lokasi yang tidak mengganggu kepentingan umum.

"Kita lihat dulu lokasinya kalau mengganggu masyarakat tidak dipilih tempat itu," kata Irjen Polisi Tito Karnavian di Jakarta, Rabu.

Tito mengatakan, pihak terkait tidak akan menyiapkan tempat khusus balapan liar karena membutuh waktu dan anggaran besar, tetapi akan memanfaatkan lokasi yang sudah tersedia dan mendapatkan persetujuan dari seluruh pihak termasuk masyarakat setempat.

Mantan Kapolda Papua itu mengatakan pembentukan wadah balapan jalanan diharapkan untuk menyalurkan para remaja yang hobi balapan secara liar.

"Mereka bisa menyalurkan balapan dengan baik daripada liar dan memakan korban," ujar Tito.

Selain itu, jenderal polisi bintang dua itu mengharapkan penyaluran balapan jalanan akan menekan jumlah kejahatan seperti judi.

Kemarin, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar rapat bersama Dinas Pendidikan dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Kesbangpol, Dinas Perhubungan dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI.

Rapat itu membahas pembentukan organisasi yang menaungi pembalap jalanan guna menyalurkan aksi balapan liar tersebut.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016