Denpasar (ANTARA News) - Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta, mengeluarkan imbauan agar warga Bali lebih waspada di lingkungan masing-masing, apalagi ketika ada pendatang baru.

"Hindari sikap acuh terhadap lingkungan sekitar dan selalu waspada apabila ada pendatang baru. Khusus pada krama (warga adat), agar memeriksa identitas ada penduduk pendatang," kata Sudikerta, di Denpasar, Minggu.

Sudikerta mengecam keras atas bom bunuh diri teroris di kawasan Gedung Sarinah, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (14/1). Bom bunuh diri dengan puluhan korban tewas ini bisa mengganggu stabilitas negara. 

Bali juga pernah dibom dua kali, dengan akibat memilukan. Perekonomian di pulau yang sangat mengandalkan hidup dari pariwisata itu sangat limbung dan gelombang pengangguran deras terjadi. 

Khusus kepada para pebisnis dan pelaku pariwisata serta pengelola hotel dan mal, Sudikerta mengimbau hal sama.

Selain berbicara tentang stabilitas keamanan, Sudikerta juga menyoroti perilaku umat yang setelah melaksanakan persembahyangan meninggalkan begitu saja sarana persembahyangan di berbagai pura. 

Walhasil, sampah eks perlengkapan persembahyangan itu menggunung. Hal ini bisa diberantas dengan cara menanamkan kesadaran akan kebersihan dan ketertiban lingkungan dari dalam diri sendiri. 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016