counter

Targetkan volume ekspor senilai 1 triliun Yen, Jepang selenggarakan "WAZA Enjoy Taste of Japan" Menteri MAFF Moriyama pimpin lawatan untuk jual produk-produk Jepang di Singapura

AsiaNet 63115

TOKYO, 15 Januari 2016 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Sebagai event untuk memperingati hari jadi hubungan luar negeri ke-50 antara Singapura dan Jepang, Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang (MAFF) menggelar event bertajuk "WAZA Enjoy Taste of Japan" (WAZA) selama dua hari (9-10 Januari) di Isetan Scotts, Singapura. Event ini dirancang untuk meningkatkan minat terhadap kuliner, kebudayaan, hasil pertanian, kehutanan, dan kelautan Jepang. Event ini diselenggarakan bertepatan dengan dimulainya program Producer Direct Order Service, layanan pengiriman hasil pertanian, kehutanan, dan kelautan dan makanan beku langsung dari para produsen di Jepang kepada para konsumen di Singapura. WAZA digelar untuk mempromosikan layanan dan meningkatkan pengakuan konsumen akan hasil pertanian, kehutanan, kelautan dan kuliner Jepang yang tersedia melalui layanan superior ini.

Seremoni pemotongan pita di Ruang Serbaguna Singapore Department Store
(Foto1: https://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102324/201601157051/_prw_OI1fl_1oN0G603.jpg)

Diselenggarakan pada tanggal 9 Januari pukul 11:00 waktu setempat, event peresmian ini dihadiri oleh 200 orang. Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang, Hiroshi Moriyama, menyampaikan, "Singapura adalah importir terbesar ke-8 komoditas pertanian, kehutanan, kelautan dan makanan Jepang, dan kami sangat berharap dapat meningkatkan volume ekspor kami ke Singapura. Berkat upaya sejumlah perusahaan swasta, hari ini menjadi hari yang bersejarah dimana kita semua akan meresmikan sebuah sistem distribusi yang akan memudahkan pendistribusian berbagai hasil bumi dari Jepang secara langsung ke para konsumen di Singapura hanya dalam waktu satu atau dua hari. Saya berharap akan ada lebih banyak konsumen di Singapura yang mengetahui dan menyukai berbagai hasil pertanian, kehutanan, kelautan, dan makanan Jepang." Beliau mencatat dengan perluasan dan peningkatan ekspor komoditas pertanian, kehutanan, kelautan, dan makanan Jepang, akan sangat penting untuk dapat bekerjasama dengan banyak distributor terkait berbagai hal seperti pengukuran karantina hewan dan sayuran, dan pengembangan metode yang menekan biaya distribusi.

Event ini juga menghadirkan demo masak dan acara cicip-cicip dengan mengusung tema "Nikmati Cita Rasa Segar Jepang!" serta menyajikan strawberry dan daging wagyu yang langsung dikirimkan dari Jepang. Guna meningkatkan kesadaran akan Producer Direct Order Service yang menawarkan hasil pertanian, hutan, dan laut serta makanan segar Jepang, untuk lebih jauh mempromosikan layanan ini, event ini juga menghadirkan berbagai hasil bumi dari seluruh penjuru Jepang, serta undian berhadiah strawberry Jepang yang akan dikirimkan langsung kepada pemenang via layanan Producer Direct Order Service. Banyak sekali warga Singapura yang mengikuti undian berhadiah ini.

Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Hiroshi Moriyama memimpin tur pemasaran di event Department Store di Singapura
(Foto2: https://prw.kyodonews.jp/prwfile/release/M102324/201601157051/_prw_OI2fl_Vtw47lDu.jpg)  

Pada tanggal 9 Januari 2016 pukul 18:00 bertempat di Japan Creative Center, digelar sebuah acara jamuan yang menyajikan berbagai kuliner yang dibuat dari berbagai hasil pertanian, kehutanan, dan kelautan Jepang seperti daging Wagyu dan strawberry, dimana sekitar 100 pengunjung hadir untuk mengalami sendiri "OMOTENASHI" atau keramahtamahan khas Jepang. Menteri Moriyama mengatakan, "Tahun lalu, nilai ekspor Jepang hampir mencapai 700 miliar yen. Kini, target kami adalah satu triliun yen, dan kami yakin dapat mewujudkannya. Sebagai gerbang ke ASEAN, saya melihat Singapura sebagai pasar yang sangat penting bagi Jepang," lanjutnya sambil terus memaparkan berbagai target di masa depan termasuk perkembangan lebih lanjut di ASEAN.

Gambaran umum

Seremoni peresmian
- Waktu        : Sabtu, 9 Januari 2016, 11:00-12:00 (pintu dibuka pukul 10:30)
- Venue        : Isetan Singapore Scotts Store Event Space (350 Orchard Road Shaw House Singapore)
- Penyelenggara    : Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang
- Didukung oleh    : Dewan Promosi Ekspor Produk Ternak Jepang, Yamato Transport Co., Ltd., ANA Cargo Inc., Isetan
- Tamu        : Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang, Hiroshi Moriyama; Duta Besar Jepang untuk Singapura, Haruhisa Takeuchi; Miss International
Singapura 2015, Roxanne Zhang; President Yamato Transport, Yutaka Nagao; President ANA Cargo, Akira Okada; Chairman Dewan Promosi Ekspor Produk Ternak Jepang, Tsuyoshi Hishinuma; Director, Managing Executive Officer, General Manager of Strategic Planning Headquarters, Isetan Mitsukoshi Holdings Ltd., Toshihiko Sugie; Dirjen Badan Urusan Industri Pangan untuk Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, Eietsu Sakuraba.

Tabel waktu:
11:00-11:10  MC membuka acara
11:10-11:20  Seremoni pemotongan pita
11:20-11:30  MC menutup acara
11:30-12:00  Pertunjukan spesial
12:00-12:15  Sesi wawancara

Acara jamuan
- Tanggal dan waktu    : 9 Januari (Sabtu) 2016, pukul 18:00-19:30
- Venue            : Japan Creative Centre (4 Nassim Road Singapore)
- Penyelenggara:     : Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang        
- Didukung oleh        : Dewan Promosi Ekspor Produk Ternak Jepang, Yamato Transport Co., Ltd., ANA Cargo Inc., Isetan
- Tamu            : Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang, Hiroshi Moriyama; Duta Besar Jepang untuk Singapura, Haruhisa Takeuchi; Miss International Singapura 2015, Roxanne Zhang; President Yamato Transport, Yutaka Nagao; President ANA Cargo, Akira Okada; Chairman Dewan Promosi Ekspor Produk Ternak Jepang, Tsuyoshi Hishinuma; Director, Managing Executive Officer, General Manager of Strategic Planning Headquarters, Isetan Mitsukoshi Holdings Ltd., Toshihiko Sugie.

Tabel waktu:
18:00 - 18:06   MC membuka acara
18:06 - 18:10   Bersulang
18:10 - 19:30   Resepsi
19:30               Selesai


Sumber: Kantor Administrasi "Waza Enjoy Taste of Japan"

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar