Jakarta (ANTARA News) - Aplikasi pesan instan Whatsapp menghapuskan biaya berlangganan tahunan senilai 1 dolar AS setelah penggunaan tahun pertama.

Biaya tahunan ini sepertinya telah menjadi "peninggalan masa lalu" apalagi jika dibandingkan aplikasi lain yang memberikan layanan gratis seperti Facebook Messenger, Skype dan Viper.

Alasan Whatsapp menghapuskan biaya tahunan adalah karena sebagian besar penggunanya di seluruh dunia tidak memiliki kartu kredit atau kartu debit.

Laman Phone Arena menyebutkan pertanyaan besarnya tetap pada bagaimana Whatsapp akan menghasilkan uang dari basis penggunanya yang sangat besar.

Whatsapp menyatakan tidak akan ada iklan pihak ketiga. Perusahaan ini juga tidak berencana menghadirkan fungsi baru yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan bisnisnya seperti menghubungi bank via Whatsapp.

Diakuisisi oleh Facebook pada akhir 2014 pada harga 22 miliar dolar AS, Whatsapp adalah salah satu aplikasi pesan terpopuler di dunia atau kedua setelah Facebook Messenger dalam hal penyebaran.

Aplikasi Whatsapp tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Android, iOS, Windows Mobile, BlackBerry, Symbian dan platform Nokia S40.



Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016