Hanoi, Vietnam (ANTARA News) - Vietnam memperingatkan Tiongkok untuk tidak mengebor minyak setelah Beijing memindahkan bor raksasa ke tempat yang menjadi pusat perselisihan maritim antara kedua negara di Laut Tiongkok Selatan.

Langkah ini ditempuh sehari setelah mulainya transisi politik penting di Hanoi ketika kepemimpinan komunnis bertemu pada kongres lima tahunan.

Tiongkok telah memindahkan bor raksasa HY-981 ke area yang dipersengketakan di landas kontinen antara pantai tengah Vietnam dan Pulau Hainan milik Tiongkok, kata juru bicara kementerian luar negeri Vietnam Le Hai Binh seperti dikutip AFP.

Hanoi terus mengamati pergerakan bor minyak raksasa itu yang telah memicu protes anti-Tiongkok berdarah pada 2014 setelah Tiongkok menaruhnya selama beberapa bulan di perairan yang diklaim Vietnam.

"Vietnam telah meminta Tiongkok untuk tidak melanjutkan aktivitas pengeboran dan menarik bor raksasanya dari wilayah itu," kata Binh.

Hanoi dan Beijing kerang saling menyerang secara diplomatik seputar gugus pulau dan perairan di Laut Tiongkok Selatan, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016