Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengintensifkan pengawasan terhadap peredaran jajanan makanan anak yang berhadiah mainan serupa kondom.

"Temuan ini bermula saat Komisaris Bidang Pendidikan dan Advokasi KPAI Kota Bekasi Haryekti Rina membeli sebuah jajanan di abang-abang Jalan Pekayon, Bekasi Selatan sepekan lalu," kata Kepala Bidang Perlindungan Anak Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kota Bekasi, Mini Aminah, di Bekasi, Jumat.

Seorang warga setempat, Rina, secara terpisah menyatakan, membeli jajanan tersebut karena penasaran dengan ramainya pembeli dari kalangan anak-anak di kawasan setempat.

Menurut dia, jajanan tersebut dikemas dalam bentuk box kecil berukuran 5 x 7 centimeter dengan tulisan Kotak Kado berisi kemasan sachet bertuliskan Susu Mas Mocachino.

"Satu kotak isi 30 sachet yang isinya mainan beragam jenis, ada payung-payungan, mainan kecil, dan juga barang serupa kondom," katanya.

Menurut dia, temuan itu segera dilaporkan Rina kepada Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Bekasi.

"Menindaklanjuti laporan itu, pihaknya kembali melaporkannya kepada Polsek Bekasi Selatan," katanya.

Dikatakan Mini, pedagang bergerobak tersebut menjual sekitar 20 kotak mainan serupa kondom itu kepada anak-anak.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016