Jakarta (ANTARA News) - Hampir semua perusahaan teknologi membuat perangkat virtual reality (VR), kini Apple dikabarkan tertarik untuk ikut meramaikan industri tersebut.

Pembuat iPhone itu dilaporkan telah merekrut profesor Virginia Tech, Doug Bowman, seorang ahli virtual reality yang telah memenangi penghargaan untuk proyek HoloLens-nya.

Profesor Bowman terkenal karena karyanya dalam user interface 3D baik untuk virtual reality maupun augmented reality.

Belum jelas peran apa yang akan diambil Bowman di dalam Apple, namun perekrutannya telah memicu kabar bahwa perusahaan yang berbasis di Cupertino itu akan menyaingi Oculus Rift, HTC Vive dan PlayStation VR Sony dengan perangkat VR-nya sendiri.

Ini bukan kali pertama Apple menunjukkan ketertarikannya terhadap perangkat VR. Sebelumnya Apple didapati mengajukan paten untuk aksesoris headset iPhone, ditambah lagi Apple sempat menggarap video musik 360 derajat untuk U2.

Kabar lain menyebutkan bahwa Apple membawa Bowman untuk membantu pengembangan proyek mobil listrik dalam menghadirkan sentuhan 3D dan kendali gesture interface pada kendaraan tersebut, demikian Digital Spy.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016