Sukabumi (ANTARA News) - Komisi IV DPR RI mendukung pengembangan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu di Sukabumi, Jawa Barat, untuk meningkatkan kepentingan umum dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Walaupun banyak yang menolak pengembangan pelabuhan ini, tetapi proyek pembangunan ini tidak boleh berhenti karena manfaatnya lebih besar dibandingkan kepentingkan segelintir orang," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khairon, dalam siaran persnya, Senin.

Menurutnya, Komisi IV DPR yang membidangi maritim, memang mendorong Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti untuk menyelesaikan, mengembangkan dan memperluas pelabuhan-pelabuhan ikan di Indonesia. Tidak hanya pelabuhan pendaratan ikan di kabupaten, namun termasuk pengembangan PPN Palabuhanratu.

Lebih lanjut, pengembangan PPN Palabuhanratu memiliki nilai yang amat strategis bagi peningkatan produktivitas hasil tangkap, karena dengan dengan pengembangan PPN berarti meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang peningkatan produktivitas tersebut. Di sisi lain, Herman menambahkan setidaknya terdapat tiga manfaat luar biasa yang diperoleh dari pengembangan PPN ini

Adapun manfaat tersebut yakni menggiatkan perekonomian, karena akan banyak sekali daya tarik ekonomi yang berkembang di tempat tersebut. Selain menjadi tempat transaksi antara nelayan dan pedagang ikan, juga akan muncul berbegai kegiatan ekonomi yang akan membawa banyak manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat di sekitrarnya.

Kemudian, dengan pendaratan ikan yang memadai tentu menjadikan sistem dan tata cara perdagangan akan lebih baik. Maka transaksi yang berjalan akan semakin efisien dan pada gilirannya akan pula menigkatkan keuntungan nelayan dan pedagang. Dan terakhir, jika sarana dan prasarana baik maka nilai tambah dari nilai perikanan akan meningkat.

"Jika di tempat itu ada cold storage atau tempat pembekuan ikan, produksi yang lebih massal serta sistem dan tata cara paskapanen akan lebih baik, tambahnya.

Herman mengingatkan semua pihak agar turut membantu pengembangan PPN Palabuhanratu mulai dari pemerintah daerah hingga masyarakat. "Jangan sampai ada pihak-pihak yang mencoba menghambat pengembangan pelabuhan demi mengambil keuntungan pribadi, karena pembangunan ini untuk kepentingan umum," katanya.

Sementara, Ahli Pelabuhan Ikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Ernani Lubis mengatakan pengembangan PPN Palabuhanratu banyak manfaatnya, karena akan muncul "multiplier effect" bagi masyarakat dan pemerintahan daerah setempat.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016