Pelayaran KRI SHS-990 ke Timor Leste selama empat hari itu merupakan kegiatan sosial dan diplomasi atau kerja sama kemaritiman antara Indonesia dengan Timor Leste,"
Surabaya (ANTARA News) - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Darwanto melepas keberangkatan kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso (SHS)-990 ke Republic Democratic of Timor Leste (RDTL), Senin.

"Pelayaran KRI SHS-990 ke Timor Leste selama empat hari itu merupakan kegiatan sosial dan diplomasi atau kerja sama kemaritiman antara Indonesia dengan Timor Leste," katanya dalam pelepasan di Dermaga Semampir, Ujung, Surabaya.

Dalam misi itu, Koarmatim memberangkatkan 250 personel, termasuk Tim Kesehatan Kemhan RI, Satgaskes TNI AD dari tenaga spesialis RS Gatot Subroto, Ditkesad dan Yonkes 2/2 Kostrad, Satgaskes TNI AL dari RS. Dr. Ramelan, Yonkes 1 Marinir dan Satgaskes TNI AU dari RUSPAU dr. Hardjoloekito dan RSAU dr. Esnawan.

Menurut Pangarmatim, Kapal Rumah Sakit KRI SHS 990 dengan Komandan Letkol Laut (P) Azhari Alamsyah beserta 150 Anak Buah Kapal (ABK) akan melaksanakan bantuan sosial, sekaligus meningkatkan kerja sama Angkatan Bersenjata kedua negara.

"Kerja sama itu merupakan bagian dari Confidence Building Measures serta membawa misi diplomatik pemerintah Indonesia sebagai negara poros maritim dunia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo," katanya.

Dalam misi itu, sasarannya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada tentara RDTL, veteran dan keluarganya serta masyarakat umum dengan target pasien sebanyak 2.000 orang.

Untuk pelayanan pengobatan yang akan dilaksanakan meliputi pengobatan umum, gigi dan pemeriksaan dini stroke serta pelayanan operasi katarak, pyterygium, bibir sumbing, hernia, struma, hemorrhoid, lipoma, tonsilektomi dan khitan.

Adapun pejabat "onboard" dalam pelayaran ke Timor Leste di antaranya Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pertahanan (DWP Kemhan) Ny. Nora Ryamizard Ryacudu, Karumkital dr. Ramelan Laksma TNI I Dewa Gede Nalendra DI, Sp.B., Sp.BTKV (K) dan Dirkes Kuathan Kemhan Brigjen TNI Hardjanto.

Dalam pelepasan KRI SHS-990 itu tampak hadir Dirjen Kuathan Kemhan Laksda TNI Agus Purwoto, para pejabat utama Mako Koarmatim, dan para peserta upacara yang mengiringi keberangkatan Duta Bangsa Indonesia dalam misi kemanusiaan di Timor Leste itu.


Babinsa Bantu Banjir

Misi sosial juga dilaksanakan Komandan Kodim (Dandim) 0815/Mojokerto Letkol Inf Djohan Darmawan dengan memerintahkan Komandan Koramil (Danramil) untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah banjir di dua kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur (22/1).

Danramil 0815/04 Puri bersama personel Babinsa melaksanakan perintah Dandim dengan turun ke lapangan untuk membantu masyarakat yang dilanda banjir pada beberapa desa di Kecamatan Puri dan Mojoanyar..

Pewarta: Edy M Yakub
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016