Sekarang sudah ada 90 negara bebas visa dan minggu depan akan diteken (ditandatangani) lagi 80 negara baru, termasuk Australia
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Australia akhirnya masuk menjadi negara penerima bebas visa ke Indonesia bersama dengan 80 negara lainnya yang rencananya akan disahkan dalam waktu dekat.

"Sekarang sudah ada 90 negara bebas visa dan minggu depan akan diteken (ditandatangani) lagi 80 negara baru, termasuk Australia," kata Deputi Pengembangan dan Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gede Pitana ditemui dalam seminar Indonesia Tourism Outlook 2016 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Jumat.

Sehingga dengan tambahan tersebut, total ada 170 negara yang mendapatkan fasilitas bebas visa yang diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Saya optimistis 100 persen karena dukungan regulasi yang diberikan pemerintah dengan berbagai kebijakan yang menghapus batasan yang sudah ada," imbuhnya.

Sebelumnya, Australia sempat dicoret dari daftar negara baru penerima fasilitas bebas visa karena tidak bersedia memberlakukan asas resiprokal.

Pemerintah negeri kanguru itu memberlakukan kebijakan visa universal di mana setiap orang yang ingin masuk ke Australia harus memiliki visa.

Kunjungan wisatawan Australia di Bali selama Januari hingga November 2015 menduduki posisi pertama dengan jumlah kunjungan mencapai 876.748 dari total jumlah wisman ke Bali selama periode itu mencapai 3.631.195 orang.

Australia merupakan pasar potensial bagi Bali dan Indonesia pada umumnya karena jarak antarkedua negara relatif sangat dekat dan selalu menduduki posisi tiga besar untuk kunjungan wisman di Bali. 

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016