Yogyakarta (ANTARA News) - Rombongan Presiden RI Joko Widodo telah mendarat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, untuk langsung melanjutkan perjalanan ke Magelang di Jawa Tengah guna membahas pengembangan wisata Candi Borobudur.

Mengenakan batik lengan panjang berwarna coklat, Jokowi tiba di Yogyakarta sekitar pukul 14.30 WIB.

Dia didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Menurut agenda Biro Pers Istana Kepresidenan, Jokowi akan meninjau Candi Borobudur dan menggelar rapat terbatas mengenai pengembangan destinasi wisata Candi Borobudur, serta pembentukan badan pengelolaan kawasan pariwisata Candi Borobudur.

Jokowi juga akan membuka Konferensi Nasional Forum Rektor Indonesia 2016 di Universitas Negeri Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pemerintah tengah mengembangkan sepuluh kawasan pariwisata, yakni Candi Borobudur, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Borobudur, Bromo, Mandalika, Pulau Komodo, Wakatobi, dan Morotai.

Jokowi telah meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun infrastruktur wisata demi mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara.

Jokowi telah meluncurkan Penandatanganan Kontrak Kegiatan Tahun Anggaran 2016 pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Rabu (6/1), yang menekankan pentingnya sinkronisasi antarkementerian dalam membangun tempat pariwisata,termasuk perbaikan fasilitas di tempat wisata.

Indonesia menargetkan 20 juta wisawatan pada 2019 atau naik 2 kali lipat dari 2015 yang mencapai 10 juta turis asing. Dengan begitu Produk Domestik Bruto Nasional naik 8 persen atau Rp240 triliun.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016