London (ANTARA News) - Duta Besar RI di Roma, August Parengkuan optimis hubungan Italia dan Indonesia akan semakin meningkat di tahun 2016 dilandasi semakin membaiknya kondisi ekonomi Italia dan Indonesia yang dapat meningkatan hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi.

Hal itu disampaikan Dubes pada media massa Italia dalam program "Meet the Press" yang dihadiri 30 wakil media serta 21 wakil kalangan industri dan akademisi Italia, demikian Counsellor KBRI Roma, Aries Asriadi kepada Antara London, Sabtu.

Dubes menyampaikan perkembangan pembangunan nasional dan hubungan bilateral RI-Italia sejalan dengan meningkatnya perhatian Italia terhadap Indonesia setelah kunjungan Presiden Sergio Mattarella baru baru ini.

Selain itu juga disampaikan mengenai pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi di tengah kondisi global yang sulit, iklim investasi di Indonesia yang sangat kondusif bagi pengusaha Italia dan perlunya menindaklanjuti hasil kunjungan Presiden Sergio Mattarella.

"Kita optimis hubungan Italia dan Indonesia akan semakin meningkat di tahun 2016," kata Dubes Parengkuan menambahkan bahwa Italia merupakan salah satu mitra dagang dan sumber investasi asing terpenting bagi Indonesia di Eropa.

Sementara itu, Wakil Presiden Osservatorio Asia, Romeo Orlandi, pemerhati Asia menyampaikan kekaguman terhadap pembangunan Indonesia, sebagai negara demokratis dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di atas lima persen dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Kementerian Perdagangan RI, nilai perdagangan bilateral kedua negara tahun 2015 selama Januari sampai Oktober mencapai 2,77 Milyar dolar AS . Nilai investasi Italia di Indonesia mencatat peningkatan yang sangat signifikan, dari 91 juta dolar AS semester ketiga 2015, dibandingkan 2014 hanya 63 juta dolar AS.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016