Pemerintah siapkan Rp4 miliar dana singkong rakyat

Pemerintah siapkan Rp4 miliar dana singkong rakyat

ketela pohon atau singkong (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Sungailiat (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan dana sebesar Rp4 miliar guna mewujudkan program penanaman singkong jenis casesa untuk rakyat.

"Melalui APBD 2016 kami mengalokasikan dana hingga Rp4 miliar bagi masyarakat petani melalui kelompoknya untuk mengembangkan tanaman singkong jenis casesa ini," kata Bupati Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Senin.

Perhatian penuh pemerintah daerah pada sektor pengembangan tanaman singkong jenis casesa, menurut bupati, karena singkong jenis tersebut merupakan bahan baku utama pembuatan tepung tapioka dimana pabrik tepung itu sendiri sudah dibangun pihak swasta di Kabupaten Bangka.

"Tanaman singkong casesa memberikan dampak positif bagi petani mengingat pihak swasta siap menampung hasilnya untuk bahan baku tepung," kata bupati.

Menurut dia, sektor pertanian ditetapkan sebagai sektor unggulan di Kabupaten Bangka karena dianggap ke depannya bakal mampu memberikan kontribusi signifikan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Dana sebesar itu untuk membantu masyarakat petani menanam singkong jenis casesa melalui kelompok tani yang sudah dibentuk," ujarnya.

Pihaknya melalui dinas terkait terus akan mengoptimalkan realisasi pembangunan sektor pertanian dan peternakan yang disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

"Petani dapat memanfaatkan lahan untuk menaman singkong casesa. Selain penjualan yang cukup mudah perawatan singkong jenis ini juga sangat sederhana," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Keripik tape, produk buatan anak muda Jember

Komentar