Jobstreet.com jembatani kebutuhan tenaga kerja di Indonesia dan ASEAN

Jobstreet.com jembatani kebutuhan tenaga kerja di Indonesia dan ASEAN

Screen shot jobstreet.com (Antara News/jobstreet.com)

Semarang (ANTARA News) - Perusahaan jasa teknologi informasi Jobstreet.com berupaya menjembatani kebutuhan tenaga kerja terhadap pekerjaan melalui kemudahan dengan sarana "online" atau sistem dalam jaringan internet.

"Dengan makin berkembangnya era teknologi dan kemudahan yang ditawarkan, pencarian pekerjaan dan pencarian tenaga kerja dengan sarana media online dan melalui fasilitas aplikasi perangkat pintar sudah merupakan kebutuhan utama di dunia ketenagakerjaan," kata Country Manager Jobstreet.com Indonesia Faridah Lim di Semarang, Selasa (2/2).

Menurut data dari Jobstreet.com, pertumbuhan jumlah pencari kerja yang terdaftar di Jobstreet.com Indonesia, khusus Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2015 mencapai 15 persen atau menjadi 229.220 orang dari 254.820 pada tahun 2014.

Jumlah lowongan kerja yang tersedia di Jawa Tengah pada tahun 2015 mencapai 400.000 lowongan dengan kebutuhan terbanyak pada industri manufaktur, diikuti perbankan, selanjutnya pendidikan.

Berdasarkan data, untuk kebutuhan tenaga kerja di sektor manufaktur mencapai 23 persen, perbankan 15 persen, dan pendidikan ada 14 persen, sedangkan sisanya ada dari otomotif, perdagangan grosir, penerbitan, ritel, jasa boga, pariwisata, transportasi, dan logistik.

Untuk tingkat pekerjaan kandidat kebanyakan di posisi junior eksekutif sebesar 43 persen diikuti oleh lulusan baru sebesar 31 persen.

Dari tingkat pendidikan, kandidat terbesar adalah Strata 1 sebanyak 58 persen diikuti diploma sebanyak 24 persen.

"Dari sisi pertumbuhan jumlah perusahaan yang terdaftar di Jobstreet.com Indonesia untuk pendidikan Provinsi Jawa Tengah juga meningkat. Misalnya, pada tahun 2014 ada 2.328 perusahaan terdaftar, pada tahun 2015 bertambah menjadi 2.390 perusahaan," katanya.

Faridah mengatakan bahwa meningkatnya jumlah perusahaan dan angka pencari kerja tersebut menjadi strategi jangka panjang bagi Jobstreet.com Indonesia untuk memastikan masyarakat Jawa Tengah memiliki akses pada lowongan pekerjaan untuk menjangkau seluruh Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

"Apalagi, saat ini sudah mulai berlaku Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hal ini menjadi warning bagi kita semua, siap atau tidak SDM Indonesia bersaing di MEA," katanya.

Menurut dia, dengan membuat akun melalui Jobstreet.com, para pencari kerja akan langsung terhubung dengan berbagai informasi lowongan kerja di seluruh Indonesia serta negara-negara di ASEAN.

Pewarta: Aris Wasita Widiastuti
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Presiden resmikan pabrik gula di Bombana yang mampu serap 15 ribu naker

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar