Jakarta (ANTARA News) - Yahoo Inc pada hari Selasa (Rabu WIB) mengatakan akan mempertimbangkan "strategi-strategi alternatif" untuk bisnis Internet intinya dan memangkas sekitar 15 persen tenaga kerja.

Pengumuman itu sekaligus sebagai tanda bahwa dewan dan CEO Marissa Mayer belum ingin menjual bisnis Internet yang sedang berjuang--yang pada dasarnya adalah website, email, dan pencarian online--meski di bawah tekanan para pemegang saham yang tidak sabar, kata Reuters dalam laporannya.

Walaupun demikian, kepada Reuters Mayer mangatakan, perusahaan akan menyambut baik ketika ada penawaran yang datang, tapi prioritas utamanya adalah rencana mengubah strategi untuk kembali menguntungkan.

Jika menerima tawaran tahun ini, itu tidak mungkin bahwa transaksi akan selesai sebelum 9 sampai 12 bulan waktu yang diproyeksikan untuk spin-off, katanya.

"Kami jelas akan terlibat tapi saya pikir satu hal yang kami coba lakukan adalah menetapkan harapan pemegang saham 'dalam hal kompleksitas," kata Mayer.

Rencana restrukturisasi diumumkan pada Selasa meliputi penutupan kantor di lima lokasi, mengurangi produk-produk, menggeser lebih banyak sumber daya untuk pencarian mobile, dan penjualan beberapa aset non-strategis seperti real estate dan paten.

"Kami percaya rencana strategis tidak sepenuhnya mengatasi masalah-masalah inti yang telah menghancurkan nilai pemegang saham - miskinnya alokasi modal, kemitraan strategis yang buruk, dari belanja yang di luar kendali dan tenaga kerja gemuk," kata SpringOwl Asset Management yang berbasis di New York, salah satu pemegang saham yang menyerukan perlunya perubahan di Yahoo.

Pendapatan pelopor web memuncak pada tahun 2008 dan sementara itu masih berjalan, beberapa website menjadi paling banyak dikunjungi di dunia, telah tidak mampu bersaing dengan Alphabet Inc Google dan Facebook Inc dalam pertempuran untuk iklan online.

Dalam mengubah bisnisnya, Yahoo akan fokus pada tiga platform utama konsumen, Search, Mail dan Tumblr, dan empat kategori konten digital dalam bentuk News, Sport, dan Lifestyle.

Perubahan dirancang untuk meningkatkan pendapatan iklan mobile, video, natif dan sosial 8 persen menjadi 1,8 miliar dolar dan memotong biaya operasional 400 juta dolar tahun ini. Yahoo juga berupaya untuk menghasilkan 1-3 miliar dolar dari penjualan aset.

Mayer menolak tuduhan adanya pengeluaran yang berlebihan, dan mengatakan laporan mengenai 7 juta dolar untuk pesta liburan Yahoo telah dibesar-besarkan oleh faktor tiga.

Pendapatan kuartalan disesuaikan Yahoo telah jatuh 15 persen ke 1 miliar dolar setelah dikurangi biaya yang dibayarkan ke situs web mitra, karena perjuangan untuk mempertahankan pangsa pencarian online dan display iklan.

Mayer mengusulkan pada bulan Desember bahwa Yahoo perlu memisahkan (spin off) bisnis utama setelah meninggalkan upaya untuk menjual saham Alibaba.

Dalam wawancara pada hari Selasa, Mayer mengatakan perusahaan bermaksud untuk kelompok sahamnya di Yahoo Jepang dengan bisnis utama, tapi akan terbuka untuk memisahkan off tergantung pada umpan balik dari pasar.

Yahoo melaporkan kerugian sebesar 4,43 miliar dolar atau 4,70 dolar per saham, pada kuartal tersebut, karena write-down besar untuk memperhitungkan nilai lebih rendah beberapa unit. Sementara pada tahun sebelumnya perusahaan meraih laba bersih 166,3 juta dolar, atau 17 sen saham.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016