Muenchen (ANTARA News) - Lothar Matthaus mengkritik Pep Guardiola yang memutuskan untuk meninggalkan Bayer Muenchen guna bergabung dengan Manchester City di musim depan.

Mantan pelatih Barcelona itu mengikat kontrak dengan Manchester City berdurasi tiga tahun di musim depan. Guardiola telah berkiprah di Bundesliga selama tiga tahun, sebagaimana dikutip dari laman Foxsports.

Matthaus membela Bayern lebih dari 300 laga. Ia yakin benar bahwa Gaurdiola merupakan salah satu "pelatih terbaik di kolong langit ini". Hanya saja ia beranggapan bahwa pelatih berpaspor Spanyol itu seharusnya menunjukkan loyalitas kepada juara Bundesliga itu.

"Kemungkinan ia ingin tantangan baru," kata Matthaus kepada Sky Sports. "Tentu saja saya dapat memahami Pep, gajih yang ia terima harusnya menjadi bahan pertimbangan. Dan ia ingin memperoleh pengalaman baru, meski faktanya ia telah melatih tim terbaik di Eropa."

"Bayern telah lengkap, segala yang Guardiola inginkan ada di sana, yakni para pemain, para pelatih dan tim dokter. Ia dapat saja terkendala oleh faktor non teknis. Hanya saja ia merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia di kolong langit ini. Dengan banyaknya iming-iming uang, saya dapat memahami Pep."

"Saya orang yang mengkritik dia, karena saya mengasihi dia agar tetap hadir dan melatih Bayern untuk waktu yang lama. Ia selalu menarik dan menyenangkan bagi para wartawan. Ia mampu meningkatkan kemampuan tim dalam banyak hal, dan di lain pihak ia memunculkan keraguan. Banyak orang tidak memahami (keputusan) dia, " kata Matthaus.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016