Jalan tersebut tidak bisa dilewati baik oleh orang maupun kendaraan"
Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Sektor Cijurek, Kabupaten Bogor, Jawa Barat melaporkan telah terjadi longsor pada Jumat di Kampung Sungapan yang menutup jalan sehingga memutus akses warga setempat.

"Longsor terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, saat kejadian hujan turun sangat deras, tidak ada korban jiwa, tetapi material tanah longsor menutup jalan sehingga akses warga terputus," kata Kapolsek Cijeruk, Kompol Suhartono.

Ia mengatakan, lokasi longsor tepatnya terjadi di Kampung Sungapan RT 3/RW 1 Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong. Material longsor sepanjang lebih kurang 20 meter dengan ketebalan lumpur 80 centimeter menutup badan jalan menuju Kampung Sungapan dan Lengkong.

"Jalan tersebut tidak bisa dilewati baik oleh orang maupun kendaraan," katanya.

Menurutnya, diduga tanah lumpur longsoran tersebut berasal dari proyek pembangunan MNC Line yang sedang melaksanakan pemerataan tanah, dan pada waktu kejadian terjadi hujan yang sangat deras.

"Kemungkinan karena hujan yang begitu deras, mengakibatkan tanggul penahan tanah jebol, sehingga terjadi longsoran ke kali Cisrogol," katanya.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun longsor mengakibatkan korban materiil yang dialami oleh warga karena beberapa petak sawah yang baru ditanami padi terkikis oleh lumpur longsoran.

"Kami sudah mendatangi tempat kejadian perkara, mendata korban materil, dan berkoordinasi dengan pihak GM MNC Line untuk mengangkat tanah lumpur menggunakan alat berat," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016