Bekasi (ANTARA News) - Badan Pengelola Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, akan meningkatkan program Adiwiyata di lingkungan sekolah guna menanamkan rasa cinta lingkungan bagi kalangan pelajar.

"2015 kemarin alhamdulillah lima sekolah di Kota Bekasi berhasil memperoleh penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup RI. Ke depan harus kita tingkatkan lagi," kata Kepala BPLH Kota Bekasi Supandi Budiman di Bekasi, Selasa.

Menurut dia, tujuan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik.

"Program ini dimaksudkan untuk mendukung upaya pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Program ini komitmen yang tinggi dalam menerapkan pendidikan lingkungan hidup dalam aktivitas di sekolah," katanya.

Menurut Supandi, kelima sekolah yang menerima penghargaan tersebut di antaranya SDN Pedurenan VI, SDN Pejuang VII, SMAN IV, SMKN III, dan SMPN 20.

Kelima sekolah tersebut dianggap mampu melibatkan semua elemen sekolah untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran yang berbasis lingkungan hidup.

"Tidak hanya guru dan murid, tapi juga masyarakat di sekitar lingkungan sekolah ikut terlibat dalam program itu," katanya.

Menerapkan sekolah Adiwiyata secara optimal dan efisien memang membutuhkan proses yang tidak mudah. "Tidak cukup dengan penghijauan saja, sekolah harus memiliki media bercocok tanam untuk beragam jenis tumbuhan seperti tanaman apotek hidup, hidroponik dan lainnya," katanya.

Dikatakan Supandi, sepanjang 2015 lalu, pihaknya telah menanam sedikitnya 5.000 batang pohon di berbagai kawasan di Kota Bekasi.

"Sebanyak 10 persen di antaranya sudah kita distribusikan ke sekolah-sekolah. Belum termasuk mesin pencacah sampah dan komposting," katanya.

Guna menjaga keberlanjutan prestasi Adiwiyata, kata dia, pihaknya akan menambah bantuan berupa fasilitas pengolahan sampah maupun bibit pohon ke sekolah-sekolah pada 2016.

"Kami menargetkan distribusi pohon bisa sampai 30 persen dari 5.000 pohon yang kita siapkan tahun ini. Kita juga akan menambah fasilitas pengelolaan sampah yang maksimal di sekolah-sekolah," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016