Kediri, Jawa Timur (ANTARA News) - Ribuan warga Kediri dan sekitarnya berebut buah durian yang dibagikan secara gratis oleh panitia dalam kegiatan festival durian di Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri.

Endang, salah seorang warga yang datang ke acara festival itu mengaku sangat senang. Ia adalah seorang penggemar buah durian. Selain ingin makan durian gratis, ia ingin menghabiskan akhir pekan dengan keluarga.

"Saya sengaja datang dengan keluarga, karena kami dengar ada pembagian durian gratis," katanya, di Kediri, Jawa Timur, Minggu.

Andi, warga lain juga sengaja datang ke acara ini. Ia juga datang dengan teman-temannya ke Kecamatan Kandangan. Saat masuk, ia diberi tiket untuk ditukarkan dengan buah durian yang ada.

Ia pun mengaku sempat kaget, sebab panitia ternyata meminta sejumlah uang dengan alasan untuk biaya parkir. Dengan itu, warga pun mendapatkan tiket untuk nanti bisa ditukarkan dengan buah durian.

Walaupun sudah menukarkan tiket, ternyata ia pun tetap tidak kebagian buah durian. Sebab buah itu sudah habis diperebutkan warga. Ia mengaku kecewa, namun tidak bisa berbuat banyak.

Camat Kandangan, Gembong Prayitno, mengaku kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kali dilakukan di Kecamatan Kandangan dengan harapan bisa mengenalkan potensi unggul buah ini. Di kecamatan ini, banyak tanaman buah-buahan salah satunya buah durian.

"Ini acara perdana dan kami siapkan untuk makan durian gratis sekitar 2.000 durian. Selain itu, ada juga minum susu gratis dan kopi gratis," katanya.

Pewarta: Destyan Sujarwoko
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016