Bekasi (ANTARA News) - Antrean kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta macet hingga 25 kilometer sebagai imbas luapan air dari tanggul Rumah Makan Alam Sari, Cikarang, Minggu malam.

"Hingga pukul 19.00 WIB, antrean kendaraan yang terjebak kemacetan sudah sampai rest area di Kilometer 62 atau panjangnya sekitar 25 kilometer dari lokasi luapan air," kata Totok Rukmito, Kepala Shift Layanan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Bekasi, Minggu.

Menurut Totok, genangan air mulai meluber ke jalan tol sekitar pukul 15.45 WIB dari tanggul RM Alam Sari di samping jalan tol dekat gerbang Cikarang Pusat pada Kilometer 37.

"RM Alam Sari lokasinya cukup luas, dengan ciri khas danau buatan di sekitar tempat makannya. Air danau itu yang jebol tanggulnya hingga meluber ke jalan tol," kata Totok.

Luberan air menggenangi lajur 1 dan 2 dengan ketinggian mencapai 20 cm sehingga lajur 1 sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan dan kendaraan hanya bisa melaju di lajur 2 dan 3.

Kondisi ini diperparah oleh meningkatnya arus balik kendaraan menuju Jakarta yang membuat volume kendaraan meningkat hingga antrean mengekor sampai Kilometer 62.

"Petugas kami sudah dikerahkan untuk melancarkan gorong-gorong supaya air bisa segera surut, tapi upaya tersebut membutuhkan waktu dan hingga saat ini masih berlangsung," kata Totok.

Petugas juga sudah berupaya mengarahkan kendaraan untuk keluar dari gerbang Karawang Barat dan kembali masuk melalui gerbang Cikarang Barat.

"Setelah Cikarang Barat, lalu lintas kendaraan sudah berangsur lancar," demikian Totok.



Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016