Jakarta (ANTARA News) - Para penulis skenario film "Spotlight" dan "The Big Short" memenangi Writers Guild Awards, Sabtu waktu setempat, sehingga menguatkan peluang mereka meraih Oscar nanti.

Josh Singer dan Tom McCarthy memenangi skenario asli terbaik untuk "Spotlight," sebuah drama yang didasarkan pada investigasi wartawan Boston Globe menyangkut skandal seks di Gereja Katolik.

Sedangkan Charles Randolph dan Adam McKay memenangkan skenario adaptasi terbaik lewat "The Big Short" yang ditarik dari buku karya Michael Lewis mengenai krisis perumahan dan penggelembungan kredit di AS yang membuat ambruk industri itu pada pertengahan 2000-an.

Kedua film dinominasikan sebagai film terbaik Oscar tahun ini pada 28 Februari nanti. Para penulis kedua film itu juga menjadi para nomine Oscar.

Sementara itu "Going Clear: Scientology and the Prison of Belief" menyabet anugerah untuk kategori dokumenter terbaik.

Dari televisi, mini seri "Mad Men" memenangi Writers Guild untuk serial drama terbaik, sedangkan "Veep" untuk program komedi. Lain halnya dengan "Mr. Robot" yang menjadi serial baru terbaik.

Writers Guild, yang mewakili para penulis industri film, televisi, radio dan media lainnya, diberikan sebelum penghargaan Oscar pada 28 Februari.

Sejauh ini untuk tahun ini, anugerah dari Screen Actors Guild, Producers Guild dan Directors Guild pekan lalu jatuh kepada film-film yang berbeda-beda.

Actors Guild memilih "Spotlight," Producers Guild memilih "The Big Short", sedangkan Directors Guild memilih "The Revenant," sehingga terbuka peluang lebar untuk film-film itu menjadi film terbaik Oscar tahun ini, demikian Reuters.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016