Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan Pemprov Jawa Barat pada tahun 2016 akan membangun tiga kampus baru yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kabupaten Cirebon dan Bekasi, serta Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kabupaten Sukabumi.

"Pertama dalam rangka meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi, kita akan membuat, mendukung dan mendorong PTN-PTN baru," kata Ahmad Heryawan, usai menggelar Rapat Pimpinan dengan sejumlah OPD, di Gedung Sate Bandung, Selasa.

Ia menuturkan rencananya Kampus ITB di Kabupaten Cirebon akan membuka dua program studi dan Kampus ITB di Kabupaten Bekasi akan membuka tiga program studi.

"Mengenai rincian apa program studinya itu rektorat yang lebih tahun namun pembukaan dua program studi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat," ujarnya.

Menurut dia, pemda telah menyiapkan lahan seluas 18 hektare untuk Kampus ITB di Kabupaten Cirebon dan 40 hektare untuk Kampus ITB di Kabupaten Bekasi.

"Jadi yang ITB di Cirebon lahannya dari Pemprov Jabar dan yang di Bekasi dari Pemkab Bekasi," kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan.

Sementara itu, lanjut Aher, untuk Kampus IPB di Kabupaten Sukabumi masih dalam tahap pembicaraan antara Pemprov dengan Pemkab setempat dan diusahakan tahun ini bisa membuka program studi.

"Lahan untuk IPB Sukabumi sudah ada, lahanya 11 hektare. Gedung nanti dibangun belakangan, lahan dulu yang penting," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan Pemprov Jawa Barat juga mengusahakan bisa mendirikan Kampus Universitas Padjadjaran di Kabupaten Bandung.

Pihaknya berharap ketiga kampus baru tersebut bisa launching pada pertengahan tahun 2016 yakni antara bulan Mei atau Juni 2016.

"Yang jelas, tujuan didirikan PTN baru ini untuk memeratakan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Barat," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016