Bandar Lampung (ANTARA News) - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mendukung pemilihan umum dilakukan melalui sistem proporsional terbuka, karena menurut dia itulah demokrasi sesungguhnya.

Kendati begitu, Zulkifli yang juga Ketua Umum PAN sangat menghormati dan menghargai pihak-pihak yang mengusulkan agar sistem pemilu dilakukan dengan proporsional tertutup.

“Saya sangat menghormati dan sangat menghargai itu, tapi bagi saya tetap menginginkan sistem proporsional terbuka atau suara terbanyak. Kenapa? Sebab itulah demokrasi sesungguhnya, inti dari demokrasi," kata dia seusai menghadiri upacara pelantikan Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota Provinsi Lampung, di aula kantor DPRD Lampung, Rabu.

Dia menilai, keinginan sistem proporsional mungkin karena pertimbangan ongkos politik yang semakinn makin mahal, persaingan tidak terkendali, jadi banyak yang mengusulkan agar sistem menjadi tertutup.

Pesta demokrasi atau Pemilu tahun 2019 masih terhitung lama, namun berbagai wacana seputar sistem pemilu terbuka atau tertutup masih menjadi wacana hangat.

Beberapa partai politik menyatakan dengan tegas dan mengusulkan agar sistem pemilihan umum dapat diubah dari proporsional terbuka ke proporsional tertutup (rakyat memilih partai bukan calon). Usul tersebut mendapat banyak respon baik yang postif dan negatif dari berbagai elemen masyarakat.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016